Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Dana Kampanye Paslon Pilkada Pati Tidak Boleh Lebih dari Rp 14,8 Miliar



Reporter:    /  @ 21:30:51  /  29 Oktober 2016

    Print       Email
Laporan awal dana kampanye (LADK) Haryanto-Arifin sebesar Rp 150 juta diserahkan kepada Ketua KPU Pati Much Nasich. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Laporan awal dana kampanye (LADK) Haryanto-Arifin sebesar Rp 150 juta diserahkan kepada Ketua KPU Pati Much Nasich. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menegaskan kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pati Haryanto dan Saiful Arifin, serta tim sukses untuk tidak menggunakan dana kampanye lebih dari Rp 14,8 miliar. Hal itu ditegaskan Supriyanto, Komisioner KPU Pati Devisi Hukum dan Laporan Dana Kampanye.

Dana sebesar itu tidak termasuk kampanye yang terfasilitasi oleh KPU sesuai dengan amanat undang-undang. Pasalnya, fasilitas yang diberikan KPU tidak dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk barang dan jasa seperti bahan kampanye, iklan, dan debat publik.

“Di luar bahan kampanye, iklan dan debat publik, itu diserahkan kepada pasangan calon dan tim sukses. Namun, kita berikan batasan supaya dana kampanye itu tidak melebihi Rp 14,8 miliar. Itu sesuai dengan hasil kesepakatan bersama,” kata Supriyanto.

Laporan awal dana kampanye (LADK) Haryanto-Arifin sendiri sudah diserahkan Tim Sukses kepada KPU Pati sebesar Rp 150 juta. Penyerahan tersebut menjadi salah satu tahapan pelaksanaan Pilkada Pati 2017 yang harus dipenuhi.

Bendahara Timses Pemenangan Haryanto-Arifin, Sutrisno menuturkan, penyerahan LADK sebesar Rp 150 juta tersebut bersumber dari pasangan calon. Saat ini, pihaknya mengaku masih menunggu dana kampanye yang berasal dari sumber lain.

Dana tersebut, bisa berasal dari perseorangan, relawan atau perusahaan. Dana yang akan dihimpun dari berbagai sumber tersebut akan masuk rekening Timses dan dilaporkan kepada KPU dalam bentuk laporan akhir dana kampanye.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →