Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pencairan Dana Hibah BOS Pendamping Bisa Langsung ke Sekolah



Reporter:    /  @ 01:00:10  /  29 Oktober 2016

    Print       Email
ilustrasi

ilustrasi

MuriaNewsCom, Kudus –  Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo mengatakan, pencairan hibah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pendamping bisa langsung kepada sekolah. Jadi bukan melalui yayasan.

“Di DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran), hibah BOS pendamping juga berbunyi untuk sekolah, bukan untuk yayasan. Jika tetap disalurkan melalui yayasan, apa tidak melanggar ketentuan?,” kata Joko, Jumat (28/10/2016).

Sejauh ini, pemkab setempat telah mengalokasikan anggaran Rp 29,6 miliar pada APBD 2016 untuk hibah BOS pendamping. Nilai anggaran itu mendapat tambahan lagi pada APBD perubahan 2016 menjadi Rp 33 miliar.

Hibah itu tidak hanya untuk sekolah swasta, tapi juga untuk sekolah negeri di Kabupaten Kudus. Sedangkan untuk pencairan hibah untuk sekolah negeri sampai sekarang tidak ada masalah. Sekolah negeri sudah mulai mengajukan pencairan.

Lain halnya dengan BOS pendamping untuk sekolah swasta yang terganjal Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Kementerian Dalam Negeri kemudian menerbitkan Permendagri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bansos.

Melalui ketentuan itu, sekolah swasta tak perlu mengurus badan hukum, namun cukup dengan mengantongi izin operasional dari Disdikpora. Keharusan pencairan hibah BOS pendamping melalui yayasan bakal menyulitkan. Karena banyak yayasan sekolah swasta tidak semua berkantor di Kudus.

Misalnya saja, sekolah di lingkungan Muhammadiyah dan Taman Siswa. Sekolah itu kantor yayasannya menginduk di pusatnya, alias tidak di Kudus.

Disdikpora mengusulkan agar pencairan hibah tersebut cukup dengan melampirkan surat keterangan yayasan, yang menyebut memiliki sekolah swasta di Kudus. Sehingga alokasi dana hibah bisa langsung dikucurkan ke sekolah yang berada di Kudus.

Sementara itu, sampai sekarang sekolah swasta belum ada yang mengajukan pencairan hibah, karena masih adanya perbedaan informasi tersebut. Dari total alokasi hibah BOS pendamping ini, hampir separuhnya dialokasikan untuk sekolah swasta.

Editor: Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →