Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Akses Keuangan Daerah Dipercepat, Tim Kudus Pandai Dilantik



Reporter:    /  @ 20:12:52  /  28 Oktober 2016

    Print       Email
kudus-pandai

Bupati Kudus Musthofa saat menghadiri kegiatan pelantikan anggota Kudus Pandai di pendapa setempat, Jumat. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan anggota Kudus Pandai, dilantik di pendapa setempat, Jumat (28/10/2016). Pelantikan dipimpin oleh Bupati Kudus  Musthofa usai upacara Hari Sumpah Pemuda.

M Ihsanuddin, Ketua Regional 3 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jateng DIY saat pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) mengatakan, tim yang beranggotakan pejabat Pemkab Kudus dan praktisi industri jasa keuangan di Kudus ini memiliki tugas memberikan edukasi ke masyarakat, termasuk para siswa mengenai perencanaan keuangan yang baik.

“Industri jasa keuangan yang ada di daerah, di antaranya perbankan, asuransi, pegadaian serta berbagai industri keuangan lainnya, terus didorong agar tumbuh dengan baik. Sehingga nantinya mampu memberikan kontribusi pada perekonomian daerah,” kata Ihsanuddin di lokasi.

OJK menilai Kudus memiliki literasi keuangan yang baik. Baik itu pengetahuan masyarakat maupun kondisi industri keuangan yang sehat. Sehingga Kudus ini layak menjadi kabupaten percontohan. Baik di level provinsi bahkan di level Nasional.

“Indonesia baru mencapai 21 persen. Bahkan di Jawa Tengah masih di bawah nasional. Yaitu 19 persen. Inilah yang menjadi tantangan di Kudus. Termasuk tantangan TPAKD yang bukan hanya seremonial. Tetapi segera menetapkan program nyata,” ujarnya.

Sementara itu, Musthofa berharap nanti masyarakat Kudus bisa melek keuangan dengan jumlah 60 atau 70 persen. Untuk itu banyak upaya yang dilakukan, seperti  pola pikir dan memberikan edukasi ke masyarakat pelaku UMKM. Yaitu dengan pemberian Kredit Usaha Produktif (KUP).

Adanya Desa Pandai OJK ini merupakan gagasan bagus. Dirinya berharap, kerangka besar Desa Pandai bisa menyejahterakan masyarakat. Salah satunya menjadikan masyarakat Kudus melek lembaga keuangan.

Dia menambahkan, Desa Pandai ini meliputi banyak indikator. Secara umum mengarah pada hidup berencana dengan cermat mempersiapkan masa depan.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →