Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini
Peringati Hari Sumpah Pemuda

Di Bawah Guyuran Hujan, Anggota Pramuka di Grobogan Mainkan Teatrikal



Reporter:    /  @ 17:30:48  /  28 Oktober 2016

    Print       Email
Anggota Saka Wanabakti Pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi melakukan aksi teatrikal di kawasan Tugu Pahlawan di Jalan Jenderal Sudirman Purwodadi, Jumat (28/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anggota Saka Wanabakti Pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi melakukan aksi teatrikal di kawasan Tugu Pahlawan di Jalan Jenderal Sudirman Purwodadi, Jumat (28/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan -Kegiatan unik dilakukan puluhan anggota Saka Wanabakti Pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 2016. Mereka menggelar aksi teatrikal yang dilangsungkan di kawasan Tugu Pahlawan di Jalan Jenderal Sudirman Purwodadi, Jumat (28/10/2016).

Teatrikal yang dimainkan menggambarkan perjuangan singkat para pahlawan ketika bertempur melawan penjajah. Setelah berhasil melumpuhkan musuh, para pejuang dengan penuh semangat mengambil bendera Belanda.

Kemudian, merobek warna birunya, sehingga tinggal warna merah putih yang berkibar. Saat sang saka merah putih berkibar, mereka kompak melakukan penghormatan sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sebelum melakukan aksi teatrikal, para pramuka sempat melakukan penghormatan dan memanjatkan doa untuk para pahlawan. Aksi memperingati Hari Sumpah Pemuda ini diakhiri dengan pembacaan ikrar sumpah pemuda dan menyanyikan lagu Bagimu Negeri bersama-sama.

Aksi yang dilakukan para pramuka ini sempat menarik perhatian sejumlah warga. Mereka tampak antusias menyaksikan jalannya aksi para pramuka yang dilangsungkan dalam suasana hujan tersebut. Beberapa warga tampak menanyakan kegiatan apa yang tengah dilakukan para pramuka di situ pada Pamong Saka Wanabakti.  Selain puluhan anggota pramuka, ada tiga Pamong Saka Wanabakti yang mendampingi. Yakni, Agus Winarno, Bambang Sudiarto dan Mul Sriyanto.

Ketua II Pimpinan Saka Wanabakti Ronny Merdyanto menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan anggotanya dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda tersebut. Menurutnya, melalui kegiatan ini, setidaknya bisa membangkitkan semangat para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dan mencintai NKRI.

“Sebenarnya, saya sempat meminta adik-adik untuk menunda kegiatan karena cuaca hujan deras. Namun, adik-adik tidak mau dan tetap meneruskan acara memperingati Hari Sumpah Pemuda ini. Saya salut dan bangga dengan semangat mereka semua,” ungkap Ronny yang juga menjabat sebagai Wakil Administratur KPH Purwodadi itu.

Sementara itu, salah seorang anggota Pramuka Saka Wanabakti Koerul Muttaqin mengaku bangga dilibatkan dalam kegiatan itu. Sebab, kegiatan itu dinilai bisa membangkitkan semangat dan melihat kilas balik perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

“Meski harus basah-basah karena hujan tidak jadi masalah. Apa yang kita lakukan ini tidak sebanding dengan perjuangan para pahlawan. Soalnya, mereka rela mengorbankan jiwa dan raga untuk kita semua,” tegas siswa SMKN 2 Purwodadi itu.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →