Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

SMK Gratis untuk Anak Yatim Piatu Bakal Berdiri di Dukuhseti Pati



Reporter:    /  @ 09:32:42  /  27 Oktober 2016

    Print       Email
Pembangunan gedung SMK Yayasan Jamaah Pasrah yang digratiskan untuk anak yatim piatu di Pati dan sekitarnya mulai dibangun. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Pembangunan gedung SMK Yayasan Jamaah Pasrah yang digratiskan untuk anak yatim piatu di Pati dan sekitarnya mulai dibangun. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Yayasan Jamaah Pasrah (YJP) Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati yang bergerak di bidang sosial-keagamaan dan pendidikan saat ini merambah ke bidang pendidikan tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK).

Selama ini, yayasan ini aktif dalam berbagai kegiatan seperti tahlil, yasinan, pengajian, burdahan, santunan anak yatim piatu, fakir miskin, serta ziarah ke tempat-tempat waliyullah. Namun, kini YJP merintis membuat sekolah menengah atas yang digratiskan untuk anak-anak yatim piatu.

Ketua YJP pati, Ngalimun mengatakan, saat ini YJP mengakomodasi sekitar 300 anak yatim piatu dan fakir miskin. Dengan mendirikan SMK, anak-anak yatim piatu akan disekolahkan secara gratis di sana.

“Anak-anak yatim piatu yang tidak memiki dana untuk sekolah juga punya hak untuk mengenyam pendidikan. Karena itu, SMK Yayasan Jamaah Pasrah diharapkan bisa menampung anak-anak yatim piatu yang tidak punya kesempatan untuk bersekolah,” kata Ngalimun kepada MuriaNewsCom.

Sejak 2004, YJP membantu pendidikan pendidikan anak yatim binaan berupa subsidi uang untuk membeli peralatan sekolah, subsidi buku dan sejumlah alat tulis. Tahun ini, bantuan itu ditingkatkan dengan mendirikan SMK sendiri yang diprioritaskan untuk anak yatim piatu di wilayah Pati dan sekitarnya.

Dia menegaskan, amanat Ahlussunah wal jamaah tidak hanya berkutat pada wilayah spiritual saja, tetapi juga harus diimplementasikan dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi dan pendidikan. Hal itu yang mendasari semangat YJP untuk membangun sekolah menengah kejuruan yang diprioritaskan untuk anak-anak yatim piatu yang tidak mampu sekolah karena terkendala biaya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →