Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

KPU Pati : Boleh Sosialisasi Kotak Kosong, Tapi Jangan Terjerumus Black Campaign



Reporter:    /  @ 19:03:02  /  26 Oktober 2016

    Print       Email
Dosen Fakultas Hukum UNISBANK Semarang Fajar Saka memberikan penjelasan terkait dengan black campaign dan negative campaign, Rabu (26/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Dosen Fakultas Hukum UNISBANK Semarang Fajar Saka memberikan penjelasan terkait dengan black campaign dan negative campaign, Rabu (26/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati Much Nasich mengingatkan kepada warga untuk berhati-hati dalam menyosialisasikan kotak kosong. Jangan sampai sosialisasi tersebut terjerumus pada kegiatan black campaign bernuansa fitnah kepada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pati.
Pasalnya, black campaigne bisa dijerat dengan hukum pidana dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Karena itu, warga yang tidak setuju dengan paslon diharapkan santun dalam melakukan pendidikan politik.

“Sosialisasi kotak kosong diperbolehkan, karena menjadi bagian dari pendidikan politik masyarakat. Namun, kami mengingatkan untuk tidak terjerumus pada black campaign yang bernuansa fitnah kepada paslon. Sebab, itu bisa dijerat dengan hukum pidana dan UU ITE,” kata Nasich.

Sementara itu, Dosen Fakultas Hukum UNISBANK Semarang yang juga Mantan Ketua KPU Jawa Tengah Fajar Saka menegaskan, ada perbedaan antara black campaign dan negative campaign. Black campaign bermuara pada fitnah untuk menggembosi suara paslon.

Sedangkan negative campaign menyuguhkan fakta-fakta yang ada berdasarkan data. Negative campaign diperbolehkan, selama bersifat edukatif, sehingga ikut mendorong proses demokrasi yang baik dan bermartabat.

“Hanya saja, kalau ada pihak yang terlalu menggebu-gebu hingga terjerumus pada black campaign, itu sangat berisiko dan berbahaya karena bisa dijerat hukum pidana maupun UU ITE kalau dilakukan di medsos atau media elektronik lainnya,” pungkas Fajar.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →