Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Menara Kudus Berpeluang Diusulkan jadi Warisan Budaya Tak Benda



   /  @ 14:30:20  /  26 Oktober 2016

    Print       Email
Warga beraktivitas di depan Menara Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

Warga beraktivitas di depan Menara Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud RI menetapkan 15 kriteria warisan budaya tak benda (WBTB) 2016.

Ada 150 karya budaya nasional dari berbagai daerah ditetapkan sebagai WBTB. Selanjutnya diusulkan ke Unesco untuk dicatat sebagai WBTB dunia.

Hal yang menarik, menurut Moh Rosyid, peminat kajian sejarah dari STAIN Kudus, perlunya kesadaran Pemkab Kudus untuk memenuhi kriteria kawasan Menara Kudus diusulkan menjadi WBTB tahun depan.

“Persyaratan dasar yang telah terpenuhi yakni identitas budaya, nilai budaya, keunikan, memory collective, berdampak sosial dan budaya, mendesak untuk dilestarikan, sudah diwariskan lebih dari satu generasi, mendukung keberagaman budaya,” kata Rosyid.

Potensi besar kawasan Menara Kudus menjadi nominator bila dipersiapkan mulai kini. Dengan catatan, menurutnya, bila kawasan Menara Kudus ditata lagi.

Biar tak kumuh akibat trayek angkot masih melewati kawasan menara dan masih adanya PKL. “Dua hal itu merupakan wilayah kerja Pemkab,” tandasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →