Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Polres Pati Pasang Spanduk Bebas Pungli



Reporter:    /  @ 08:45:08  /  26 Oktober 2016

    Print       Email
 Petugas tengah memasang spanduk Stop Pungli di tempat pembuatan SIM di Satlantas Polres Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)


Petugas tengah memasang spanduk Stop Pungli di tempat pembuatan SIM di Satlantas Polres Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komitmen Polres Pati dalam memberantas tidak hanya dilakukan dengan melakukan razia dan inspeksi mendadak, tetapi juga dengan memasang spanduk bebas pungutan liar (pungli).

Spanduk tersebut berisi imbauan kepada warga untuk tidak memberikan pungli kepada petugas. “Stop Pungli, pemberi dan penerima suap dapat dipidana,” begitu bunyi spanduk yang dipasang di tempat-tempat pelayanan publik, seperti Samsat, Satlantas, hingga tempat pelayanan pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Dalam spanduk tersebut juga mengimbau kepada warga untuk melaporkan melalui SMS atau Whatsapp bila ditemukan petugas melakukan pungli. “Kami memang belum sempurna, tapi kami selalu berusaha,” bunyi tulisan di bagian bawah spanduk tersebut.

Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo mengatakan, pemasangan spanduk menjadi bagian dari agenda untuk melawan lupa, supaya masyarakat tetap ingat untuk tidak bekerja sama dengan pungli. Dengan spanduk berisi ancaman pidana tersebut, petugas dan masyarakat diharapkan bisa mengatakan tidak pada pungli.

“Sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi melalui Kapolri, semua polisi diminta untuk bersih dari pungli dalam melayani masyarakat. Petugas yang melakukan pungli bisa terkena sanksi tegas, bahkan ancaman hukuman pidana. Pemberi dan penerima dapat dipidana,” ujar Ari Wibowo kepada MuriaNewsCom.

Selain pemasangan spanduk, Polres Pati juga membentuk tim pengawas untuk mengawasi sejumlah bagian yang rawan terjadi praktik pungli. Tim tersebut bertugas memantau dan menerima aduan dari masyarakat.

“Pungli bisa tercipta karena ada pemberi dan penerima. Karena itu, kami meminta kepada masyarakat untuk tidak memberikan kesempatan kepada petugas. Jika ada petugas yang terbukti melakukan pungli, kami tidak segan-segan untuk menindak tegas,” tegas Ari.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →