Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Begini Serunya Lomba Karawitan yang Digelar Disporabudpar Grobogan



Reporter:    /  @ 21:17:13  /  25 Oktober 2016

    Print       Email
Para peserta sedang menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam lomba karawitan tingkat SD dan SMP di Pendapa Kabupaten Grobogan, Selasa (25/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Para peserta lomba sedang menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam lomba karawitan tingkat SD dan SMP di Pendapa Kabupaten Grobogan, Selasa (25/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Guna melestarikan budaya luhur bangsa, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Grobogan menggelar lomba seni karawitan untuk tingkat SD dan SMP. Sebanyak 15 tim, terdiri dari 6 tim SD dan 9 dari SMP, ikut ambil bagian dalam lomba yang dilangsungkan di Pendapa Kabupaten, Selasa (25/10/2016).

Setiap peserta memainkan tiga gending dalam lomba tersebut. Terdiri dari satu gending wajib dan dua gending pilihan. Jalannya lomba berlangsung cukup meriah karena masing-masing peserta didukung banyak suporter. Meski masih tingkatan SD dan SMP namun hampir semua peserta mampu memainkan karawitan dengan baik.

“Kemampuan peserta lomba kali ini cukup merata. Semuanya, bagus-bagus. Ini membuktikan kalau semua peserta sudah melakukan persiapan serius menghadapi lomba ini,” kata Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto.

Dia menyatakan, lomba itu digelar seiring makin tergerusnya minat generasi muda terhadap kesenian asli warisan nenek moyang. Untuk itu, sengaja sasaran lomba ditujukan pada siswa SD dan SMP supaya mereka mengenal kesenian asli itu lebih dini.

“Kecintaan anak muda terhadap seni tradisional Jawa, khususnya karawitan perlu kita gugah lagi. Kita harapkan, jangan sampai warisan luhur ini tergeser oleh budaya asing,” ujarnya.

Marwoto menilai, pelaksanaan lomba ini dinilai cukup sukses, baik dari jumlah peserta maupun penonton. Oleh sebab itu, pihaknya berupaya untuk mengagendakan lagi, agar lomba ini dilangsungkan tiap tahun biar berkesinambungan. Dengan demikian target melestarikan budaya bisa tercapai.

Sementara itu, sejumlah penonton yang dimintai komentarnya menyatakan cukup senang dengan adanya lomba karawitan tersebut. Sebab, dengan kegiatan itu para siswa akan mendapat pengalaman baru dan bisa menunjukkan hasil latihan yang dilakukan selama ini.

“Bagus sekali ada lomba karawitan seperti ini karena bisa menjalin silaturahmi antar siswa, guru maupun pecinta kesenian. Harapannya, lomba seperti ini lebih sering diadakan. Atau setidaknya ada kesempatan untuk menampilkan seni karawitan pelajar dalam acara resmi,” ujar Suwito, salah satu guru SD yang mendampingi muridnya mengikuti lomba tersebut.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →