Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

KPU Pati Sebut Kotak Kosong jadi Pendidikan Politik Masyarakat



Reporter:    /  @ 10:15:12  /  25 Oktober 2016

    Print       Email
Ketua KPU Kabupaten Pati Much Nasich. Keberadaan kotak kosong dalam pesta demokrasi menurutnya  menjadi bagian dari demokrasi (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ketua KPU Kabupaten Pati Much Nasich. Keberadaan kotak kosong dalam pesta demokrasi menurutnya menjadi bagian dari demokrasi (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati Much Nasich menyebut, keberadaan kotak kosong dalam pesta demokrasi yang akan dihelat di Kabupaten Pati menjadi bagian dari demokrasi. Karena itu, masyarakat yang memilih kotak kosong tidak disalahkan karena menjadi bagian dari pendidikan politik masyarakat.

“Memang tidak ada aturan khusus yang mengatur secara rinci dan detail soal kotak kosong. Tapi, kalau ada masyarakat yang memilih kotak kosong, itu sudah menjadi bagian dari pendidikan politik,” kata Nasich, Selasa (25/10/2016).

KPU sendiri tidak dalam posisi melarang atau memperbolehkan. Sebab, itu menjadi bagian dari pendidikan politik masyarakat. Terlebih, KPU tidak punya aturan untuk memfasilitasi bagi masyarakat yang ingin mengkampanyekan kotak kosong.

“Kalau ada masyarakat yang ingin melegalkan untuk kampanye kotak kosong, kita tidak mungkin memfasilitasi. Sebab, kita tidak punya regulasi yang mengatur hal tersebut,” imbuhnya.

Ditanya soal siapa yang berhak mengkampanyekan kotak kosong, pihak KPU mengaku kesulitan untuk menjawab hal tersebut. Lagi-lagi, keberadaan kotak kosong disebut-sebut menjadi bagian dari pendidikan politik bagi masyarakat.

“Siapa yang akan mengkoordinasi kotak kosong, kita tidak bisa menerimanya karena tidak ada aturannya. Jadi, kalau ada masyarakat yang ingin melegalkan tim kampanye kotak kosong, kita tidak punya wewenang untuk menerima dan memfasilitasi karena tidak ada regulasinya,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →