Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini
SEJARAH KERAJAAN MEDANG KAMULAN DI GROBOGAN (4)

Ada 4 Era Peradaban Kuno yang Ditemukan di Banjarejo



Reporter:    /  @ 08:08:03  /  25 Oktober 2016

    Print       Email
Tim dari Balai Arkeologi Yogyakarta saat melakukan penelitian di Desa Banjarejo beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Tim dari Balai Arkeologi Yogyakarta saat melakukan penelitian di Desa Banjarejo beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Salah seorang peneliti dari Balai Arkeologi Yogyakarta Sugeng Riyanto menyebutkan, setidaknya ada empat era peradaban yang muncul di wilayah Banjarejo berdasarkan dari benda-benda yang sudah sempat ditemukan warga. Yakni, era purba yang dibuktikan dengan adanya penemuan fosil hewan purba. Salah satunya, kepala kerbau berukuran besar yang diperkirakan berusia 5.000 tahun.

Kemudian, perdaban kuno era megalitikum juga terdapat di Situs Medang. Hal ini ditandai dengan penemuan peralatan dari batu, seperti lesung, pipisan, gandik, dan yoni.

Peradaban pada era Hindu-Budha juga diperkirakan sempat ada di situ. Indikasinya, adanya penemuan peti mati dari kayu, uang kepeng Cina, aneka perhiasan emas, dan guci dari keramik.

Benda-benda kuno peninggalan Dinasti Ming yang  ditemukan warga Desa Banjarejo beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Benda-benda kuno peninggalan Dinasti Ming yang ditemukan warga Desa Banjarejo beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Satu era lagi diperkirakan juga ada di Banjarejo. Yakni, akhir era Hindu-Budha dan awal masuknya Islam. Salah satu indikasinya adalah penemuan bangunan kuno yang tertata dari batu bata. Dimana, ada penggunaan spesi dari tanah liat sebagai bahan perekat batu bata merupakan salah satu ciri bangunan pada era awal masuknya Islam.

“Peradaban yang ada di Situs Medang itu memang komplit. Di daerah situs lain, biasanya hanya terdapat satu atau dua era saja yang ditemukan. Melihat kondisi ini, kemungkinan daerah sini dulunya tanahnya sangat subur,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →