Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini
SEJARAH KERAJAAN MEDANG KAMULAN DI GROBOGAN (3)

Kades Banjarejo : Ada Peradaban Besar di Tempat Ini, Tapi Belum Bisa Disimpulkan Itu Kerajaan Medang Kamulan



Reporter:    /  @ 07:08:02  /  25 Oktober 2016

    Print       Email
Kades Banjarejo menunjukkan arca yang ditemukan di kawasan bangunan tua yang ada di Desa Banjarejo beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kades Banjarejo menunjukkan arca yang ditemukan di kawasan bangunan tua yang ada di Desa Banjarejo beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Untuk mengungkap misteri keberadaan Kerajaan Medang Kamulan yang disebut—sebut berada di Desa Banjararejo, Kecamatan Gabus Grobogan, salah satunya memang harus dilakukan penelitian dan kajian ilmiah.

Sejauh ini, memang sudah ada berbagai penelitian di sana. Dari hasil penelitian memang menyimpulkan adanya sebuah peradaban besar yang pernah ada di Banjarejo. Hanya saja, hasilnya memang belum menyebutkan adanya kerajaan Medang Kamulan.

“Adanya peradaban besar di Banjarejo pada masa lalu memang sudah tidak diragukan. Hanya saja, belum dipastikan peradaban yang ada tersebut dari kerajaan mana. Ini, perlu ada penelitian khusus,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

Sementara itu, salah seorang peneliti dari Balai Arkeologi Yogyakarta Sugeng Riyanto yang sempat dua kali melakukan observasi di Banjarejo menegaskan, dari hasil penelitian, pengamatan dan penemuan warga, peradaban yang ada di sana dinilai cukup beragam.

“Situs di Banjarejo yang kita sebut dengan nama Situs Medang itu luar biasa. Situs Medang ini layak jadi unggulan dan prioritas penelitian,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →