Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Jembatan Tinggi Direncanakan Akan Dibangun di Tanggulangin Kudus



Reporter:    /  @ 19:00:31  /  24 Oktober 2016

    Print       Email
jembatan-1

Pemandangan yang tampak dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) di barat Gerbang Kudus Kota Kretek (GKKK) Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kudus, atau di dekat Gerbang Kudus Kota Kretek (GKKK) terancam nganggur. Hal itu terjadi karena pemerintah pusat, akan membangun jembatan baru.

Jembatan tersebut bernama Jembatan Kolonel Sunandar. Jembatan Anyar nantinya memiliki tinggi melebihi RTH itu. Desain jembatan baru rencananya akan mulai dibangun pada 2017 .

Kepala Dinas Cipta karya dan Tata Ruang (Ciptakaru) Kudus Sumiyatun mengatakan, tinggi jembatan baru mencapai empat meter dari aspal jalan. Sementara pas di atas air mancur di RTH, ketinggian mencapai 3,23 meter.

“Jika demikian, maka RTH akan tertutup jembatan. Hal itu akan mengurangi keindahan dari RTH,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Saat ini, pembangunan RTH masih disempurnakan oleh pekerja. Rencananya, pembangunan akan selesai pada 10 Desember mendatang, termasuk lahan parkir dan cafetaria.

Anggaran yang dikucurkan untuk RTH juga tidak sedikit. Sekitar Rp 7,4 miliar sudah dihabiskan untuk pembuatan RTH beserta tempat parkir. Anggaran tersebut mulai APBD tahun lalu, APBD 2016 baik murni maupun perubahan.

Jembatan Kolonel Sunandar nantinya memiliki panjang 590 meter. Jumlah tersebut meliputi panjang jembatan yang berada di atas sungai 170 meter,  panjang jalan yang di Kudus usai jembatan di atas sungai 210 meter dan di Demak 210 meter juga.

Jembatan tinggi dibuat dari pemerintah pusat unruk mengantisipasi adanya banjir di kawasan Tanggulangin. Dengan jembatan yang tinggi maka kendaraan masih dapat melintas.

Pihaknya akan berkordinasi dengan pemerintah pusat hingga menyurati secara resmi. “Katanya dari kantor Bina Marga Pusat yang terdapat di provinsi akan dibawa ke Jakarta untuk dibahas. Tapi belum bisa menjawab apakah jembatan akan dirubah ataukah tidak,” ungkapnya.

Solusi lain soal hal itu juga disarankan. Seperti dengan membuat jembatan yang mirip dengan jembatan Tanggulangin yang bagian timur. Dengan demikian maka tidak akan menganggu RTH di barat Tanggulangin.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) pembangunan Jembatan Kolonel Sunandar, Toni, mengatakan saat ini Detail Enginering Design (DED) jembatan masih dalam proses. Artinya, hal itu masih bisa direvisi.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →