Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pemkab Pati Ajak Masyarakat Wujudkan Program Indonesia Bebas Sampah 2020



Reporter:    /  @ 19:00:51  /  24 Oktober 2016

    Print       Email
Bupati Pati Haryanto (pakai peci) berjabat tangan dengan Pimpinan PT Pegadaian (Persero) dalam penyerahan bantuan 60 unit bak sampah di Pendapa Kabupaten Pati, Senin (24/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Bupati Pati Haryanto (pakai peci) berjabat tangan dengan Pimpinan PT Pegadaian (Persero) dalam penyerahan bantuan 60 unit bak sampah di Pendapa Kabupaten Pati, Senin (24/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya tugas pemerintah daerah, tetapi juga tanggung jawab bersama. Dalam pelaksanaannya, kolaboasi yang baik antara pemerintah, swasta dan kader lingkungan berhasil menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman, indah, serta bebas dari sampah.

Salah satu sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan adalah bak sampah yang telah disesuaikan dengan jenis masing-masing sampah. Yakni, sampah daur ulang, sampah yang dapat digunakan kembali, sampah yang mudah terurai, sampah bahan beracun dan berbahaya, serta sampah residu.

Gerakan pilah sampah sebetulnya sudah lama dikampanyekan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pati untuk menyongsong Indonesia Bebas Sampah Tahun 2020.

Selain untuk meningkatkan nilai ekonomi dari sampah, pemilahan sampah juga bermanfaat untuk meminimalisasi pencemaran lingkungan melalui proses daur ulang. Sejalan dengan gerakan pilah sampah ini, Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pegadaian (Persero) Cabang Pati memberikan bantuan sebanyak 60 unit bak sampah senilai Rp 30 juta kepada Pemkab Pati.

Kepala PT Pegadaian Cabang Pati Heri Wibawa menyebutkan, bantuan tersebut untuk menggalakkan program bina lingkungan. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sudah selayaknya Pegadaian hadir untuk negeri yang diwujudkan dalam bentuk penyerahan bantuan untuk gerakan pilah sampah pada masyarakat.

“Pemberian 60 bak sampah ini merupakan program CSR dari Pegadaian yang dinamakan program bina lingkungan. Dengan adanya bantuan ini, kami berharap masyarakat Pati yang selama ini sudah peduli kepada kebersihan bisa meningkat,” kata Heri, setelah menyerahan bak sampah secara simbolis kepada Bupati Pati Haryanto yang didampingi Kepala BLH Pati Purwadi dan sepuluh kader lingkungan perwakilan dari masyarakat di Pendapa Kabupaten Pati, Senin (24/10/2016).

BLH sebagai instansi yang membidangi lingkungan akan menyalurkan bak-bak sampah tersebut ke sejumlah lokasi titik pantau Adipura dan lokasi strategis kawasan perkotaan, serta pada kelompok-kelompok peduli lingkungan yang tersebar di Kabupaten Pati.
Purwadi mengapresiasi bantuan tersebut. Dia berharap dengan adanya bak sampah pilah masyarakat bisa meningkatkan antusiasme dalam mengelola sampah dari sumbernya.

“Kerjasama Pemkab dengan pelaku usaha tidak hanya berhenti di sini. Kami juga akan menjalin kerjasama dengan pelaku-pelaku bisnis yang lain. Sebab, ada banyak pelaku bisnis di Pati, seperti perbankan, jamsostek, dan dunia usaha lainnya. Jadi, kami akan selalu bergandeng tangan bersama-sama mengelola lingkungan ini dengan baik,” kata Purwadi.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menuturkan, bantuan bak sampah pilah tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pasalnya, Kabupaten Pati merupakan kota Adipura yang berhasil mempertahankan prestasinya di bidan kebersihan sejak tahun 2007 hingga sekarang.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan semua elemen masyarakat bisa membantu menjaga kebersihan. Penghargaan Adipura tidak akan berarti apa-apa bila budaya untuk menjaga kebersihan belum terbangun dengan baik. Saya berharap, ada atau tidak adanya penilaian Adipura, masyarakat dan pelaku usaha, bersama-sama dengan pemerintah bisa terus bersinergi menjaga kebersihan,” tutur Haryanto.

Dia berpesan kepada masyarakat supaya ikut menjaga bantuan bak sampah pilah yang akan ditempatkan di tempat-tempat umum tersebut dan digunakan sebagaimana peruntukkannya.

Sebelum PT Pegadaian (Persero), pelaku dunia usaha lain juga memberikan bantuan untuk mendukung program lingkungan di Kabupaten Pati. Salah satunya, , PT Dwi Kelinci, PT Garuda Food, PG Trangkil, PG Pakis, RS KSH, RS Mitra Bangsa, Bank Pasar, BNI, Bank Jateng, hingga CV Bumindo.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →