Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Santri Diharapkan Bisa Menjadi Panutan



Reporter:    /  @ 13:42:09  /  24 Oktober 2016

    Print       Email
Bupati Rembang Abdul Hafidz saat menyampaikan sambutannya pada acara Ngaji Kebangsaan pada Minggu (23/10/2016) malam di Alun-alun Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Bupati Rembang Abdul Hafidz saat menyampaikan sambutannya pada acara Ngaji Kebangsaan pada Minggu (23/10/2016) malam di Alun-alun Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan, jika santri itu memiliki ciri khas yang baik, sederhana dan memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap sesama serta suka membantu orang lain.

Untuk itu, keberadaan santri saat ini juga diharapkan bisa menjadi panutan karena perilaku sifatnya yang terpuji. “Santri itu harus sederhana meskipun punya segalanya, tetapi tidak pamer, tidak sombong. Jika ada santri yang adigang-adigung dan sombong, itu namanya bukan santri,” ujar Hafidz saat menghadiri acara Ngaji Kebangsaan bersama Cak Nun  dan Gus Mus serta beberapa ulama serta tokoh di Alun-alun Rembang, Minggu (23/10/2016) malam.

Lanjutnya, hal yang patut ditiru dari santri yakni, tidak memiliki budaya meminta. Jikapun tak memiliki apa-apa tetap siap menjalankan tugas,seperti apa yang pernah dialami bupati ketika nyantri di Sarang.”Santri biasanya tidak punya cita-cita, tetapi kehidupannya bisa melebihi yang punya cita-cita. Seperti saya yang sudah mengalami,” imbuhnya.

Sementara itu, KH Ahmad Musthofa Bisri atau akrap di sapa Gus Mus ini, mengingatkan agar para santri tahu tentang sejarah Hari Santri.

“santri harus tau sejarahnya, kenapa ada peringatan Hari Santri Nasional. Meski ditetapkannya Hari Santri itu sudah terlambat. Akan tetapi Resolusi Jihad harus menjadi pengingat bagi santri, bagaimana peran santri untuk berjuang demi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Gus Mus berpesan kepada para santri, untuk tidak menonjol-nonjolkan jasa. Meski tidak dibukukan peranan santri, tetapi peranan santri dapat dilihat melalui Resolusi Jihad oleh Hadrotus Syeh Hasyim As’ary, yang merupakan perwujudan sumbangsih santri kepada negara Indonesia.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →