Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Santri Cilik Jekulo Ini Siap Teruskan Perjuangan Pahlawan



Reporter:    /  @ 20:20:55  /  23 Oktober 2016

    Print       Email
kudus-santri-jekulo-ee

Santri kecil di PAUD Al-Azhar, Kecamatan Jekulo, Kudus, ini belajar menunaikan ibadah salat, sebagai salah satu bentuk peringatan Hari Santri Nasional, yang digelar di lembaga pendidikan tersebut. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Hari Santri Nasional yang diperingati pada Sabtu (22/10/2016) kemarin, benar-benar menjadi hal yang istimewa. Salah satunya bagi para santri cilik yang ada di PAUD Al-Azhar, Kecamatan Jekulo, Kudus.

Para santri cilik ini tidak ketinggalan ikut merayakan Hari Santri. Antusiasme siswa dalam memperingati hHari Santri juga terlihat. Mereka ikut memakai pakaian sarung dan berkopyah, selayaknya para santri di pondok pesantren.

Santri-santri  kecil penerus perjuangan agama dan bangsa ini, juga turut melantukan shalawat nariyah. ”Satu harapan para santri kecil ini adalah damainya negeri Indonesia tercinta, aman, makmur, dan berkeadilan,” kata Eni Misdiyani, penyelenggara PAUD Al-Azhar Jekulo.

Kegiatan peringatan di PAUD Al-Azhar ini, dikelompokkan menjadi beberapa kegiatan berdasarkan usia. Untuk anak usia TK, setelah membaca shalawat nariyah, dilanjutkan dengan jalan santai keliling kampung. Kegiatan ini menunjukkan kepada masyarakat, agar tidak lupa dengan peringatan Hari Santri yang baru tahun ditetapkan.

Sedangkan untuk anak playgroup, kegiatan nya adalah tutorial memakai sarung untuk santri-santri kecil yang baru belajar berpakaian. Sarung dan kopyah adalah identitas dari para santri. Yakni identitas yang menampakkan jati diri sederhana, religius, dan memiliki karakter ahlak mulia.

”Sifat dan karakter itu bukan hanya secara verbal dijelaskan, namun dengan berpraktik memakai sarung dan kopyah, sedianya mengajak para santri kecil ini benar-benar memahami makna santri. Setelah itu, kami ajak mereka untuk salat Dhuha berjamaah,” terang Eni.

Tak mau ketinggalan dengan kakak-kakaknya, anak-anak yang ada di TPA Al-Azhar, juga unjuk peran dalam memeriahkan Hari Santri Nasional. Bak santri yang mengaji di pondok  pesantren, dengan berpakaian sarung, si kecil dengan khidmat mengaji huruf-huruf hijaiyah dibimbing para ustadzahnya.

”Kami berharap kegiatan peringatan Hari Santri Nasional ini, bisa menjadi salah satu pembelajaran bagi putra putri kami di sini. Sehingga agenda seperti ini akan kami adakan setiap tahunnya,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →