Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Siswa SDN Slungkep 02 Pati Tanam Puluhan Pohon di Kawasan Wisata Gua Pancur



Reporter:    /  @ 20:30:40  /  22 Oktober 2016

    Print       Email
Sejumlah siswa SDN Slungkep 02 Kayen dibantu kepala sekolah dan guru menanam bibit tanaman palem di bumi perkemahan Gua Pancur, Sabtu (22/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah siswa SDN Slungkep 02 Kayen dibantu kepala sekolah dan guru menanam bibit tanaman palem di bumi perkemahan Gua Pancur, Sabtu (22/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 65 siswa dari kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri Slungkep 02, Kecamatan Kayen, Pati menggalakkan aksi tanam bersama di Kawasan Wisata Gua Pancur di Desa Jimbaran, Kayen, Sabtu (22/10/2016).

Mereka membawa puluhan bibit pohon keras dari berbagai jenis tanaman, seperti palem, jati, ketapang, jambu, srikoyo, dan lain sebagainya. Puluhan bibit pohon keras tersebut ditanam di area Bumi Perkemahan Gua Pancur.

“Bibit-bibit pohon itu awalnya berasal dari biji yang ditanam siswa-siswi di kompleks SDN Slungkep 02. Setelah dirasa cukup besar dan siap dipisahkan dari polybag, puluhan bibit tersebut kemudian ditanam di kawasan bumi perkemahan Gua Pancur,” kata Kepala SDN Slungkep 02, Subadi.

Kegiatan gerakan sejuta tanaman tersebut bertujuan agar anak-anak yang masih duduk di bangku SD bisa akrab dan mencintai lingkungan sejak dini. Mereka tidak hanya dilatih untuk mencintai lingkungan di sekolah dengan membuat taman sekolah, tetapi juga di luar sekolah.

Mereka juga diedukasi bahwa pohon menjadi bagian dari “rumah manusia”. Dengan adanya pohon, manusia bisa hidup dengan baik. Pohon memberikan banyak hal kepada manusia, mulai dari ketersediaan oksigen bersih, penyimpanan air, hingga buah-buahan dan kayunya sendiri.

Dengan pembelajaran berbasis lingkungan di luar sekolah, para siswa tampak senang mengikutinya. “Belajar di ruangan memang terkadang bosan. Kalau bisa belajar dengan berbaur alam, rasanya senang. Kami bangga bisa ikut berpartisipasi menghijaukan kawasan wisata Gua Pancur yang berada di lereng Pegunungan Kendeng,” tutur Chelsi Aprilia Putri Cahyati, siswi SDN Slungkep 02 kelas 5.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →