Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Desa Barongan Kudus Adakan Kirab



Reporter:    /  @ 19:00:55  /  22 Oktober 2016

    Print       Email
Warga berkerumun menonton kirab barongan di Desa Barongan, Kecamatan Kota, Kudus, Sabtu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Warga berkerumun menonton kirab barongan di Desa Barongan, Kecamatan Kota, Kudus, Sabtu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus –  Desa Barongan, Kecamatan Kota menggelar kirab Barongan, Sabtu (22/10/2016). Kirab yang dilakukan, merupakan perwakilan tiap kelompok masyarakat baik RT maupun RW.

Anita, warga yang melihat penampilan kirab mengaku senang menyaksikannya. Meski hampir sama dengan kirab lain seperti di Kaliputu, namun terdapat perbedaan yakni pada kemasan Barongan sebagai ikon yang ditampilkan.

“Ramai juga meski desanya cukup kecil. Namun bisa menghibur dan masyarakat terlihat kompak, jadi senang melihatnya,” katanya kepada MuriaNewsCom di lokasi.

Selain kirab juga dilakukan kegiatan perebutan nasi berkah. Hal itu sudah dilakukan setiap tahun, yakni pada tiap 15 Muharram. Sama halnya tahun lalu, Barongan juga menggelar kirab dalam skala besar.

Berdasarkan pantauan, yang mengikuti kirab termasuk juga dari kalangan pelajar di desa tersebut. Sedangkan untku warganya, berasal dari lima RW desa tersebut.

Camat Kota, Kholid Seif yang turut hadir dalam kegiatan, berharap kirab semacam itu dapat dilakukan secara rutin. Sebagai daerah padat, tentunya itu harus dipertahankan karena merupakan budaya lokal yang bisa bernilai lebih.

“Budaya lokal harus tetap ada, juga harus dijaga secara bersama seperti lewat kegiatan semacam ini untuk mengenalkan kepada masyarakat umum,” katanya

Seif sendiri sangat mengapresiasi kegiatan warga di  desa tersebut. “Mudah-mudahan dapat terus dilakukan setiap tahun. Bukan hanya kali ini saja. Namun pada tahun tahun berikutnya akan semakin ramai dan makin meriah,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →