Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ribuan Santri Padati Kawasan Alun-alun Pati



Reporter:    /  @ 16:10:39  /  22 Oktober 2016

    Print       Email
Ribuan santri dari berbagai ponpes di Pati mengikuti kirab Hari Santri Nasional, Sabtu (22/10/2016). Mereka berjalan dari Kantor PCNU ke Alun-alun Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ribuan santri dari berbagai ponpes di Pati mengikuti kirab Hari Santri Nasional, Sabtu (22/10/2016). Mereka berjalan dari Kantor PCNU ke Alun-alun Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Pati memadati kawasan Alun-alun Pati, Sabtu (22/10/2016). Mereka memperingati Hari Santri Nasional dengan menggelar kirab dari Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) menuju Alun-alun Pati.

Iring-iringan pasukan kirab berjalan tanpa putus sepanjang 3 kilometer dengan rute jalan sepanjang 2 kilometer. Ada puluhan maching band dari berbagai Madrasah Aliyah (MA) di Pati yang terlibat dalam kirab Hari Santri Nasional.

Beberapa rombongan di antaranya, tampak mengenakan baju koko, sarung dan sandal ala santri. Mereka berjalan beriring-iringan dengan gembira, melantunkan selawat, hingga lagu-lagu Islami lainnya.

Sekretaris Panitia Hari Santri Nasional Pati, Ali Mahmudi kepada MuriaNewsCom mengatakan, sedikitnya ada 5.000 santri ikut serta dalam peringatan Hari Santri Nasional. Kegiatan seremonial tersebut menjadi momentum bagi santri untuk menggugah etos santri.

“Kirab Hari Santri Nasional diharapkan bisa menggugah semangat para santri di Pati supaya bisa memaknai resolusi jihad. Seperti kita tahu, Bung Tomo menghadap KH Hasyim Asy’ari, sebelum melakukan kegiatan 10 November hingga banyak santri yang terlibat dalam perjuangan bangsa dari penjajahan. Kami berharap, para santri masa kini bisa meneladani para ulama dan santri terdahulu untuk ikut melanjutkan perjuangan mereka,” kata Mahmudi.

Nur Afifah (17), santri dari Ponpes Al Furqon Langenharjo, Margorejo mengatakan, santri pada zaman penjajahan punya peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Karena itu, menurut Afifah, santri sekarang harus bisa melanjutkan perjuangan mereka dengan memperbaiki kualitas diri. Dengan SDM yang berkualitas, santri bisa ikut mengisi pembangunan Indonesia dengan baik.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →