Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
AYO MALU, JANGAN BAB SEMBARANGAN

Stop BABS Diminta Bukan Sekadar Program



Reporter:    /  @ 17:27:28  /  21 Oktober 2016

    Print       Email
Ketua MUI Rembang Zaenuddin Jakfar. Dirinya meminta kebersihan lingkungan terus digalakkan. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Ketua MUI Rembang Zaenuddin Jakfar. Dirinya meminta kebersihan lingkungan terus digalakkan. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Upaya pemerintah untuk mewujudkan program stop buang air besar sembarangan (BABS) juga mendapatkan tanggapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rembang.

Dalam hal ini, MUI meminta hal tersebut bukan sekadar program dan hanya dijalankan pemerintah, khususnya pemerintah daerah untuk mendapatkan penilaian. Sebab, hal itu sebenenarnya sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk menjaga daerahnya agar tetap bersih dan nyaman.

“Program ini kan erat kaitannya dengan kebersihan, yakni agar masyarakat berperilaku menjaga kebersihan. Salah satunya yakni, agar jangan buang air besar secara sembarangan. Karena memang hal itu akan menimbulkan dampak yang kurang baik dengan kesehatan dan juga kenyamanan masyarakat,” ujar Ketua MUI Rembang Zaenuddin Jakfar.

Terkait dengan kebersihan ini, katanya, sejak zaman Nabi juga sudah dianjurkan agar berperilaku bersih, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Untuk itu, sosialisasi tentang menjaga kebersihan diminta bukan hanya ketika ada penilaian saja, tetapi secara kontinyu dilakukan.

Dirinya berharap, nantinya masyarakat juga menjalankan pola hidup sehari-hari secara bersih. Sehingga, dengan menjaga kebersihan, lingkungan juga menjadi nyaman dan bisa berimbas positif terhadap kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini, pihaknya juga ikut berpastisipasi dalam mensosialisasikan mengenai pentingnya kebersihan. Dalam berbagai pertemuan, juga disampaikan dengan bekerjasama berbagai organisasi atau lembaga lainnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →