Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kapolres Sidak Pungli di Kantor Samsat Pati, Ini Hasilnya



Reporter:    /  @ 14:00:30  /  21 Oktober 2016

    Print       Email
Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo bertanya kepada wajib pajak usai mengambil plat nomor di Kantor Samsat Pati, Jumat (21/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo bertanya kepada wajib pajak usai mengambil plat nomor di Kantor Samsat Pati, Jumat (21/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kemungkinan adanya pungutan liar (pungli) di Kantor Samsat, Pati, Jumat (21/10/2016).

Sidak dilakukan untuk merazia calo dan memastikan tidak ada pungli di Kantor Samsat Pati yang selama ini dikabarkan banyak terdapat calo. Semua berkas diperiksa dan para wajib pajak ditanya apakah ada biaya pungutan di luar ketentuan atau tidak.

“Hari ini, kami menggelar sidak dengan pengecekan langsung di lapangan untuk memastikan apakah ada pungli atau tidak. Sidak pungli sengaja kami gencarkan sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo untuk memberantas pungli,” ujar Ari Wibowo.

Menurutnya, pemberantasan pungli tidak akan berhasil tanpa dilaksanakan sampai pada level yang bersentuhan dengan masyarakat. Karena itu, Ari Wibowo juga bertanya kepada semua wajib pajak yang tengah mengurus perpanjangan maupun mutasi STNK di Kantor Samsat Pati.

“Kami juga bertanya kepada para wajib pajak apakah yang dibayarkan sesuai dengan ketentuan atau tidak. Jika ada pungutan di luar ketentuan, kami akan tindak petugas Samsat dengan tegas. Semua wajib pajak yang saya tanya ternyata membayar sesuai dengan ketentuan dari pemerintah,” tuturnya.

Selain di Kantor Samsat, Kapolres juga menggelar sidak di sejumlah tempat pelayanan masyarakat seperti pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan SKCK. Dari hasil sidak, pihaknya memastikan bila Kantor Samsat dan Satlantas Pati bebas dari pungli.

“Kami sudah cek pelayanannya juga. Dari hasil sidak, semuanya dilakukan sesuai dengan prosedur dan tidak ada pungli di sana. Kaitannya dengan polisi dan pelayanan masyarakat seperti SIM, pembuatan SKCK dan lainnya juga sudah berjalan sesuai prosedur. Bila nanti ditemukan ada pungli, kami tidak segan untuk menindak dengan tegas,” ancam Kapolres.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →