Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Rembang Siap Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional



Reporter:    /  @ 10:26:34  /  21 Oktober 2016

    Print       Email
Panitia menunjukkan denah tempat acara yang bakal digunakan sebagai pelaksanaan Gebyar Hari Santri di Alun-alun Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Panitia menunjukkan denah tempat acara yang bakal digunakan sebagai pelaksanaan Gebyar Hari Santri di Alun-alun Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Serangkaian acara telah disiapkan untuk memperingati Hari Santri Nasional pada 22 Oktober di Kabupaten Rembang. Acara yang bertajuk Gebyar Hari Santri ini, bakal berlangsung selama dua hari, yakni pada 22-23 Oktober 2016.

Acara Gebyar Hari Santri diawali dengan upacara atau apel Hari Santri yang dilangsungkan di Alun-alun Rembang. Dijadwalkan, pada apel Hari Santri besok, Bupati Rembang Abdul Hafidz akan hadir yang juga bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir pula nantinya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan organisasi masyarakat lain, serta perwakilan santri.

Selanjutnya, pada Minggu (23/10/2016) pagi, Gebyar Hari Santri akan diawali dengan kirab bendera yang melalui rute beberapa jalan protokol di Rembang. Kirab bendera ini, nantinya dijadwalkan sudah mulai sejak pukul 08.00 WIB.

Ketua Panitia Acara Muhamad Tijami mengatakan, kirab Gebyar Hari Santri tersebut, akan diikuti ribuan santri di Rembang. “Usai kirab, nantinya dilanjutkan dengan giat etalase sosial. Dalam hal ini, akan ada beberapa stand dari organisasi maupun yayasan sosial di Rembang,” katanya.

Menurutnya, stand-stand yang ada nanti, bukan untuk menjual produk, namun, stand tersebut disiapkan untuk memfasilitasi penyaluran bantuan sosial dari masyarakat. Setidaknya, nantinya ada 30 stand dari berbagai lembaga sosial yang ada di Rembang.

Kemudian, puncak Gebyar Hari Santri yang berlangsung pada Minggu malam, nantinya akan ada istighosah akbar yang akan dipimpin oleh KH Ahmad Zamroni. “Nantinya, kita akan bersama-sama melantukan selawat nariyah untuk Bangsa Indonesia. Kita targetkan, ada 50 ribu pengunjung yang bakal menghadiri acara ini,” ujarnya.

Usai istighosah, nantinya akan disambung dengan tabuhan rebana dari seribu penerbang se-Kabupaten Rembang, kemudian dilanjutkan sajian wayang kulit oleh dalang muda Ki Sigid Ariyanto. Uniknya, pagelaran wayang ini, nantinya durasinya hanya berkisar 45 menit saja.

Selain berbagai acara yang disuguhkan, Gebyar Hari Santri 2016 di Rembang juga bakal mendatangkan berbagai tokoh terkemuka. Di antaranya, KH A. Mustofa Bisri (Gus Mus), Emha Ainun Najib (Cak Nun), Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen (Gus Ghofur) dari Sarang, Rembang, Anis Sholeh Ba’asyin dari Pati dan Gus Yahya C. Staquf (Katib ‘Am Syuriah PBNU).

Rencananya, tokoh tersebut akan mengisi Tausyiah Budaya dan Kebangsaan. Di dalamnya akan membahas polemik berbangsa dan berbudaya sebagai implementasi santri juga sebagai bagian dari NKRI.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →