Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

5 Persawahan Desa di Kecamatan Tambakromo Pati Dihuni Tikus Endemis



Reporter:    /  @ 09:05:51  /  21 Oktober 2016

    Print       Email
Petani di Desa Tambakharjo berburu hama tikus di lubang-lubang areal persawahan setempat, Kamis (20/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Petani di Desa Tambakharjo berburu hama tikus di lubang-lubang areal persawahan setempat, Kamis (20/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Tambakromo adalah satu di antara 21 kecamatan di Kabupaten Pati yang salah satu desanya dihuni tikus endemis. Populasi mereka sangat banyak dan susah dikendalikan hingga mengancam tanaman padi.

Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kecamatan Tambakromo, Sri Wartini mengatakan, ada lima desa di Kecamatan Tambakromo yang dihuni tikus endemis dengan populasi yang cukup banyak. Di antaranya, Desa Tambakharjo, Mangunrekso, Tambakagung, Kedalingan, dan Karangawen.

Kendati begitu, Sri menyatakan bahwa serangan hama tikus di Kecamatan Tambakromo tahun ini masih aman dan terkendali. Pasalnya, para petani sudah menyiapkan langkah antisipatif untuk menekan populasi hama tikus endemis.

“Pada awal memasuki masa tanam, para petani biasanya melakukan geropyok tikus secara rutin. Hal itu diharapkan bisa mengurangi populasi tikus. Belum lagi, para petani sudah membuat rumah burung hantu. Keberadaan burung hantu yang menjadi predator alami tikus terbukti sangat ampuh mengendalikan hama tikus,” kata Sri kepada MuriaNewsCom.

Kemungkinan buruk akibat tidak ada pengendalian hama tikus bisa menyebabkan gagal panen. Koloni tikus bisa merusak tanaman padi sejak masih muda hingga ketika sudah siap panen. Karena itu, pengendalian hama tikus sangat diperlukan agar petani yang memiliki sawah di kawasan endemis tikus bisa panen dengan baik.

Namun, Sri menyarankan, agar pengendalian hama tikus tidak menggunakan kawat yang dialiri listrik. Selain sangat berbahaya bagi manusia, kawat listrik juga mengancam aneka predator alami yang memangsa tikus. “Kawat listrik sama sekali bukan menjadi solusi dan justru mengancam keselamatan diri sendiri,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →