Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Telusuri Pungli, Ombudsman Jateng Nyamar di Samsat dan Disdukcapil Kudus



Reporter:    /  @ 18:30:39  /  20 Oktober 2016

    Print       Email
Muchammad Agus Ardiansyah, perwakilan Ombudsman memberikan keterangan kepada wartawan di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Muchammad Agus Ardiansyah, perwakilan Ombudsman memberikan keterangan kepada wartawan di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Sejumlah anggota Ombudsman Jateng, menyamar menjadi warga sipil di Kudus. Penyamaran dilakukan selama dua hari, terhitung Selasa (18/10/2016) hingga Rabu (19/10/2016). Penyamaran dilakukan untuk menelusuri aduan masyarakat terkait pungli di Kudus.

Muchammad Agus Ardiansyah, perwakilan ombudsman mengatakan kalau penyamaran dilakukan di dua tempat. Pertama yakni di Samsat Kudus yang dilakukan pada Selasa, dan kedua di Disdukcapil yang dilakukan pada Rabu.

“Selama dua hari kami menyamar, karena adanya aduan masyarakat adanya pungli. Jadi kami mencoba menyelidiki disana sebagai warga yang hendak mengurus,” katanya kepada MuriaNewsCom

Model menyamar dipilih agar petugas tidak mengetahui ombudsman yang datang. Sebaliknya jika tidak menyamar keadaan yang sebenarnya tidak dapat ditemui.

Menurutnya, dari hasil penyamaran di Samsat, petugas tidak menjumpai adanya pungli. Bahkan calo terkait perpanjang STNK serta perpanjang lainnya tidak dijumpai di sana.

“Yang ditemukan hanya penjual plastik bungkus STNK. Itupun tidak memaksa dan dijual dengan harga Rp 2 ribu saja,” jelasnya.

Begitu pula dengan saatmenyelesaikan penyamaran di Disdukcapil, juga tidak dijumpai adanya calo serta pungli. Hanya, yang ditemukan adalah lamanya antrean dan itu terjadi di seluruh Indonesia lantaran blanko yang terbatas.

“Di Disdukcapil juga kami menjumpai adanya kantor yang masih belum tuntas. Sebab kantornya masih dalam proses  renovasi sehingga kondisinya demikian,” ujarnya.

Editor  : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →