Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Haryanto Akhirnya Pensiun dari PNS dan Siap Melaju sebagai Calon Bupati Pati



Reporter:    /  @ 20:30:59  /  20 Oktober 2016

    Print       Email
Bupati Pati Haryanto menyatakan sudah pensiun dari PNS per Kamis (20/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Bupati Pati Haryanto menyatakan sudah pensiun dari PNS per Kamis (20/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto akhirnya dinyatakan pensiun dari pegawai negeri sipil (PNS) secara resmi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI. Surat Keterangan (SK) pensiun diterima Haryanto, Kamis (20/10/2016).

SK tersebut yang akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati sebagai salah satu syarat untuk maju sebagai calon bupati. Pada saat yang sama, Haryanto memang dinyatakan layak untuk pensiun karena memiliki masa kerja 25 tahun, delapan bulan.

Terlebih, Haryanto sudah berusia lebih dari 50 tahun, sehingga memenuhi syarat untuk pensiun ketika mengajukan permohonan pensiun ke BKN. Calon Bupati Pati pada Pilkada 2017 ini pensiun dengan pangkat penata tingkat 1 atau golongan IIId.

“Undang-undang saat ini mengharuskan untuk berhenti bila ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Pengajuan berhenti itu memenuhi syarat pensiun atau tidak. Kebetulan, saya memang sudah memenuhi syarat pensiun, sehingga mendapatkan SK pensiun untuk saya serahkan kepada KPU sebagai syarat untuk maju sebagai calon kepala daerah,” ucap Haryanto kepada MuriaNewsCom.

Penyerahan SK berhenti atau pensiun dari PNS tersebut harus diserahkan paling lambat tujuh hari, setelah penetapan calon. Karena itu, Haryanto bisa saja menyerahkan SK pensiun dari PNS kepada KPU, sebelum atau sesudah penetapan calon mengingat SK pensiun dari PNS sudah dikantongi.

Selain mengantongi SK pensiun, Haryanto juga mengaku sudah memiliki surat cuti. Hanya saja, dia masih menunggu hasil keputusan uji materi Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan masa cuti, apakah pada saat kampanye atau total selama mengikuti proses tahapan pilkada usai ditetapkan sebagai calon.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →