Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Cegah Banjir Lagi, Perbaikan Tanggul Jebol Sungai Tuntang Dibikin Permanen



Reporter:    /  @ 18:30:39  /  20 Oktober 2016

    Print       Email
Titik tanggul Sungai Tuntang yang jebol dan jadi penyebab banjir beberapa hari lalu akan diperbaiki secara permanen menggunakan batu dan semen (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Titik tanggul Sungai Tuntang yang jebol dan jadi penyebab banjir beberapa hari lalu akan diperbaiki secara permanen menggunakan batu dan semen (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Beberapa titik tanggul Sungai Tuntang di wilayah Kecamatan Gubug yang jebol dan sempat ditutup, namun akhirnya jebol kembali, kini terus diperbaiki. Kali ini, perbaikannya tidak bersifat darurat tetapi dibikin permanen.

Hal itu dilakukan supaya kondisi tanggul bisa makin kuat dan bisa mencegah terjadinya banjir lagi di kemudian hari. Saat ini, material untuk perbaikan tanggul masih terus didatangkan ke lokasi tanggul jebol beserta alat berat.

“Empat titik tanggul Sungai Tuntang yang jebol dan jadi penyebab banjir beberapa hari lalu akan dibuat secara permanen. Perbaikan tanggul menggunakan batu dan semen sehingga lebih kuat. Sebelumnya, penanganan tanggul jebol dilakukan secara darurat dengan memakai karung yang diisi tanah dan kemudian di atas tumpukan karung ditimbun lagi pakai tanah,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ni Made Sumiarsih pada wartawan, saat meninjau lokasi tanggul di Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Kamis (20/10/2016).

Dijelaskan, saat bencana banjir lalu ada empat titik tanggul yang jebol. Masing-masing ada dua titik di Desa Ngroto, satu titik di Desa Papanrejo dan di Desa Kemiri. Setiap tanggul ini panjang jebolannya sekitar 30 meter.

Pengerjaan tanggul tersebut ditarget selesai selama sebulan. Adapun besarnya dana yang dikeluarkan dalam penanggulan tersebut sekitar Rp 190 juta. “Semua tanggul jebol sudah kami tangani. Kami sudah mulai bergerak untuk memperbaiki tanggul sehari banjir datang sampai saat ini,” katanya.

Sejumlah warga ketika dimintai komentarnya mengaku senang dengan perbaikan tanggul secara permanen tersebut. Soalnya, kondisi tanggul bakal semakin kuat dan membuat mereka merasa lebih tenang.

“Harapan kami, tanggul itu memang diperbaiki permanen biar kuat. Kalau bisa, tidak hanya tanggul yang jebol kemarin saja. Tetapi kalau bisa seluruhnya meski dilakukan bertahap,” kata Ahmadi, warga setempat.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →