Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

3 Desa di Undaan Kudus Normalisasi Sungai di Pati



Reporter:    /  @ 16:30:00  /  20 Oktober 2016

    Print       Email
Kegiatan normalisasi sungai Londo dilakukan di Undaan, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Kegiatan normalisasi sungai Londo dilakukan di Undaan, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Tiga kades di Kecamatan Undaan, Kudus, melakukan normalisasi sungai di Sukolilo, Pati. Normalisasi dilakukan dengan sistem iuran serta swadaya dari masyarakat di Undaan.

Kades Wonosoco, Undaan, Setyo Budi mengatakan, normalisasi dilakukan di Sungai Londo yang masuk Desa Prawoto, Sukolilo, Pati. Normalisasi hanya dilakukan di satu titik yang dianggap tidak lancar arus sungainya.

“Normalisasi dilakukan dengan cara mengeruk sungai. Namun itu dilakukan pada satu titik di daerah Prawoto Pati. soalnya sini yang paling menghambat arus sungai karena pendangkalan,” katanya kepada MuriaNewsCom, Kamis (20/10/2016).

Menurutnya, untuk biaya pengerukan mencapai Rp 15 juta. Sumber dana murni iuran serta swadaya dari masyarakat di tiga di Undaan. Meliputi, Desa Wonosoco, Berugenjang dan Desa Lambangan.

Biaya tersebut, digunakan untuk sewa alat berat, BBM, biaya tenaga dua orang serta biaya makan dan lain sebagainya. Dengan jumlah tersebut, maka dibutuhkan waktu sampai 30 jam guna menormalisasi.

Normalisasi dilakukan guna melancarkan arus sungai. Sebab jika tidak dilakukan maka petani di tiga desa tersebut akan kesulitan saat tanam. Jadi solusi ini juga dilakukan guna mengejar musim tanam (MT) I.

“Sebenarnya jarak sungai Londo di sini hingga Wonosoco mencapai 4 kilometer. Hanya, aliran sungai tidak akan menjadi lancar jika dibiarkan. Makanya kami melakukan hal semacam ini,” ujarnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →