Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pemkab Kudus Hapus BOS Pendamping SMA/SMK 



Reporter:    /  @ 15:00:27  /  18 Oktober 2016

    Print       Email

bos

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus akan menghapus bantuan operasional pendamping BOS khusus SMA / SMK. Dihapusnya bantuan tersebut lantaran sekolah jenjang tersebut sudah dikelola provinsi.

Hal ini disampaikan Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo. Menurutnya bantuan akan segera dihapus untuk 2017. Sehingga kalau sudah diserahkan semua, itu sudah menjadi urusannya provinsi. Kabupaten Kudus tinggal konsentrasi untuk peningkatan mutu pendidikan SD dan SMP.

“Sudah jadi tanggung jawab provinsi otomatis BOS Pendamping yang diambilkan dari APBD Kabupaten Kudus tidak berlaku lagi,” kata Joko kepada MuriaNewsCom, Selasa (18/10/2016).

Pihaknya  yakin pendidikan SMA/SMK makin baik karena dibawahi langsung Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Termasuk, bantuan juga langsung ke sekolah tanpa melalui kabupaten.

Dia juga menambahkan, penandatanganan nota kesepakatan serah terima aset dan segala macamnya ke Provinsi Jawa Tengah dihadiri Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus dan tim dari Personel, Peralatan, Pembiayaan dan Dokumen (P3D).

“Saya berharap dari segi bantuan dan fasilitas untuk SMA/SMK lebih baik. Ya, kabupaten tidak serta merta mengabaikan, tetap ada perhatiannya cuma tidak bisa turun tangan langsung. Soalnya urusannya sudah lain, yang penting mutu pendidikan di Kudus semakin baik,” ujarnya.

Sekretaris Disdikpora Hartono mengatakan, dari bidang pendidikan menengah (Dikmen) yang masuk P3D yakni tata usaha (TU)/staf, pengawas SMA yang berjumlah dua dan SMK berjumlah tiga, kemudian kepala sekolah serta guru baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun guru tidak tetap (GTT).

“Selebihnya, yang tidak masuk P3D tetap di bawah wewenang Kabupaten Kudus seperti Kasi Kurikulum dan lainnya. Khusus GTT yang bisa masuk P3D ada kriteria tertentu sesuai juknis, yang pasti ada SK GTT,” imbuhnya.

SMA/SMK diambil alih pengelolaan ke Provinsi Jawa Tengah per 2 Oktober 2016. Jumlah SMA negeri dan swasta ada 17 sekolah dan SMK negeri dan swasta berjumlah 29 sekolah. Tidak hanya Kudus, hal itu juga berlaku se-Jawa Tengah.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →