Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
AYO MALU, JANGAN BAB SEMBARANGAN

Melihat Kondisi Toilet Umum di Kabongan Lor Rembang



Reporter:    /  @ 12:48:54  /  18 Oktober 2016

    Print       Email
Silvi, salah satu warga Kabongan Lor usai memanfaatkan fasilitas toilet umum. Dirinya juga mengajak warga agar membiasakan untuk BAB di WC, bukan di pinggir pantai (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Silvi, salah satu warga Kabongan Lor usai memanfaatkan fasilitas toilet umum. Dirinya juga mengajak warga agar membiasakan untuk BAB di WC, bukan di pinggir pantai (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Sebagian warga di wilayah pantai Kabupaten Rembang masih memiliki kebiasanya buang air besar sembarangan (BABS) yakni di pinggir pantai. Meskipun sebenarnya, fasilitas toilet umum sudah tersedia.

Seperti halnya di Desa Kabongan Lor, Kecamatan Rembang. Sebagian warga di sana masih terbiasa untuk BAB di pinggir pantai, meskipun pemerintah desa setempat telah membangun fasilitas toilet umum untuk digunakan warga.

Dari pantauan MuriaNewsCom, kondisi toilet umum di tempat ini terlihat cukup bersih dengan jumlah ruang WC sebanyak enam. Satu di antaranya bertuliskan WC duduk. Pada sebagian bangunan ini juga dilengkapi ruang rapat RT, ruang kerja RT dan juga terlihat ada fasilitas televisi.

Untuk bisa memanfaatkan WC umum ini, biasanya warga memasukkan uang Rp 500 untuk kebersihan ke kotak yang sudah tersedia. Namun demikian, ada pula warga yang tidak memasukkan uang dan hanya memanfaatkan fasilitas umum itu saja.

Silvi salah satu warga Kabongan Lor mengatakan, warga tak mempermasalahkan uang kas untuk kebersihan tersebut, apalagi jumlahnya hanya Rp 500. “Meski begitu, kadang ada juga yang tidak mau memasukkan uang kas. Padahal ini kan untuk biaya kebersihan juga. Karena, kalau kita lihat, kondisi WC di sini kan bersih,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, warga yang selama ini masih terbiasa BAB di pinggir pantai, agar bisa memanfaatkan fasilitas toilet umum tersebut. Dirinya mengajak warga untuk bersama-sama memperhatikan pentingnya kebersihan dan kesehatan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →