Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Haul Mbah Hasbullah Desa Kembang Pati Dihadiri Para Habaib



Reporter:    /  @ 15:00:19  /  17 Oktober 2016

    Print       Email
Para habaib dari berbagai daerah mengikuti Kembang Bershalawat untuk memperingati Haul Mbah Hasbullah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Para habaib dari berbagai daerah mengikuti Kembang Bershalawat untuk memperingati Haul Mbah Hasbullah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Haul Mbah KH Hasbullah ke-42, ulama asal Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati dihadiri oleh para habaib. Mereka berkumpul untuk melantunkan shalawat bersama dengan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf dari Pekalongan dan Habib Musthofa Al Aydrus dari Tuban, Jawa Timur.

Ribuan jemaah dari berbagai daerah, termasuk para wali murid dari Yayasan Pengembangan Madarijul Huda (YPM) Kembang antusias dalam kegiatan selawat bersama tersebut. Terlebih, kehadiran para keturunan Nabi Muhammad semakin memberikan motivasi kepada umat Muslim di Pati untuk menyiarkan Islam.

“Selain selawat bersama dengan masyarakat, para habaib ikut mendoakan Mbah Hasbullah. Selawat bersama menjadi ikon peringatan Haul Mbah Hasbullah tahun ini. Sebab, tahun ini dihadiri pada habaib dari berbagai daerah, termasuk Habib Ali Zainal Abidin Assegaf dan Habib Musthofa Al Aydrus,” kata Ketua YPM Kembang, H Fuad Abdillah, Senin (17/10/2016).

Haul menjadi salah satu tradisi bagi umat Muslim di kawasan pesisir utara Jawa sebagai wujud bakti dan rasa cinta kepada para ulama yang punya peran penting dalam menyebarkan agama Islam. Mbah Hasbullah sendiri bersama dengan sejumlah ulama lain pada zamannya berhasil menyebarkan agama Islam dan membangun pendidikan berbasis agama di kawasan pesisir utara Jawa.

“Pati utara dikenal sebagai pusat pendidikan, baik pendidikan agama maupun kolaborasi atau transformasi pendidikan agama ke pendidikan umum. Begitu juga dengan Mbah Hasbullah yang berhasil mendirikan pusat pendidikan berbasis agama di Desa Kembang yang kemudian merambah ke pendidikan umum. Ulama memang punya peran signifikan dalam membangun tatanan sosial, agama dan pendidikan,” tukas Ahmad Rifai, alumnus YPM Kembang yang kini menjadi tenaga ahli Fraksi Nasdem di DPRD Pati.

Selain sewalat dengan para habaib dari berbagai daerah, YPM Kembang memperingati Mbah Hasbullah dengan beragam kegiatan seperti lomba antarsekolah, tahlil, tahtimul Quran dan pengajian Muslimat, Tahlimul Quran bil Ghoib, pengajian, dan puncaknya adalah karnaval kirab budaya. YPM Kembang diharapkan menjadi pusat pendidikan yang punya kontribusi untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas di kawasan Pati utara.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →