Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ribuan Warga Kembang Pati Semarakkan Karnaval Haul Mbah Hasbullah



Reporter:    /  @ 11:58:38  /  17 Oktober 2016

    Print       Email
Pasukan merah putih menyemarakkan karnaval Haul Mbah Hasbullah di Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Pasukan merah putih menyemarakkan karnaval Haul Mbah Hasbullah di Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ribuan warga menyemarakkan karnaval dalam rangka Haul Mbah Hasbullah ke-42 di Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati. Perhelatan akbar tersebut diramaikan dengan marching band, pasukan merah putih, dan karnaval dari murid RA hingga SMK Yayasan Pengembangan Madarijul Huda (YPM) Kembang.

Ahmad Rifai, alumnus YPM Kembang mengatakan, peringatan Haul Mbah Hasbullah sudah menjadi tradisi tahunan yang dihelat pada bulan Muharram. Dari tahun ke tahun, tradisi karnaval Haul Mbah Hasbullah mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan menjadi perhelatan yang dinanti-nanti penduduk setempat.

“Sebagai seorang alumnus yang pernah dididik dan dibesarkan YPM Kembang, saya ikut bangga dan bahagia atas kegiatan rutin Haul Mbah KH Hasbullah setiap tahun pada bulan Murarram. Saya melihat ada perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun,” kata Rifai, Senin (17/10/2016).

Sementara itu, Ketua Yayasan YPM Kembang H Fuad Abdillah menuturkan, Mbah Hasbullah adalah ulama dan tokoh penting pada zamannya. Dia berhasil memberikan pengaruh positif pada perkembangan sosial-keagamaan di Desa Kembang.

Dari pondok pesantren, YPM Kembang berkembang dari lembaga pendidikan mulai dari paling dasar, Raudatul Athfal (RA) hingga Madrasah Aliyah (MA) dan SMK. Peran pendidikan dan sosial-keagamaan di Desa Kembang yang punya pengaruh di Kecamatan Dukuhseti, bahkan Pati tersebut tidak lepas dari peran Mbah Hasbullah.

Karena itu, Haul Mbah Hasbullah selalu ramai setiap tahunnya pada bulan Muharram. Tidak hanya dinanti-nantikan ribuan murid, tetapi juga penduduk setempat. Terlebih, kirab budaya berupa karnaval yang mencerminkan kearifan lokal tersebut membentuk arak-arakan mengelilingi desa.

Hal itu yang membuat tradisi peringatan haul Mbah Hasbullah selalu dinantikan dan tidak lepas dari ingatan warga. Kendati sudah tiada, pengaruh Mbah Hasbullah sangat besar bagi perkembangan pendidikan, sosial dan keagamaan penduduk Desa Kembang dan sekitarnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →