Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Bupati Sri Sumarni : Pingin Pandai? Gemarlah Membaca Buku



Reporter:    /  @ 13:00:28  /  16 Oktober 2016

    Print       Email
Bupati Grobogan Sri Sumarni memberikan bingkisan buku pada sejumlah pelajar saat membuka Pameran Buku dan Kreasi Anak kemarin. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Bupati Grobogan Sri Sumarni memberikan bingkisan buku pada sejumlah pelajar saat membuka Pameran Buku dan Kreasi Anak kemarin. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Jika mau pandai dan banyak pengetahuan, biasakanlah membaca beragam jenis buku. Sebab, melalui kebiasaan ini akan banyak manfaat yang bisa didapat. “Banyak tokoh besar dunia menyatakan, membaca adalah jantungnya pendidikan. Hal ini membuktikan kalau membaca punya peran penting dalam bidang pendidikan,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni, saat membuka Pameran Buku dan Kreasi Anak Hebat yang digelar di Kantor Perpustakaan Daerah, kemarin (15/10/2016).

Menurutnya, budaya membaca di kalangan pelajar memang belum menggembirakan. Untuk itu perlu dorongan banyak pihak untuk meningkatkan minat baca. Selain itu perlu Sri menegaskan, saat ini, minat baca para pelajar memang masih cukup rendah. Hal ini berbeda dengan minat menonton televisi yang dirasa jauh lebih tinggi.

“Masih rendahnya budaya membaca itu menjadi kendala utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat. Padahal, dengan membaca orang akan mampu mengembangkan diri dalam menambah ilmu pengetahuannya secara mandiri. Oleh karena itu perlu langkah serius untuk mengatasi masalah ini,” katanya.

Sri menambahkan, menurunnya minat baca buku juga disebabkan dampak perkembangan berbagai media komunikasi dan media sosial. Di mana, kondisi ini membuat orang lebih senang browsing, chatting dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sri berpesan pada orang tua agar memberi dorongan pada putra-putrinya agar gemar membaca. Terutama, buku pengetahuan yang bisa menambah wawasan.

“Kalau bisa, secara rutin, orang tua membelikan buku pengetahuan pada anaknya. Namun, jika hal ini tidak bisa dilakukan maka ajaklah ke perpustakaan daerah. Di sini koleksi bukunya sudah memadai dan tidak perlu bayar kalau pinjam,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →