Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
NIKAH MUDA, ANUGERAH ATAU MASALAH?

Disdikpora Jepara: Sangat Disayangkan Siswa Putus Sekolah Karena Menikah



Reporter:    /  @ 18:00:01  /  15 Oktober 2016

    Print       Email

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara Ali Maftuh . (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara Ali Maftuh . (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Angka putus sekolah di Kabupaten Jepara cukup tinggi. Total, sedikitnya tiga ribu siswa tidak melanjutkan sekolah ke jenjang di atasnya akibat faktor ekonomi dan menikah di usia dini.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara Ali Maftuh mengemukakan, setiap tahun ada banyak siswa yang putus sekolah. Alasannya bermacam-macam dan yang paling mendominasi adalah faktor ekonomi dan menikah di usia dini.

“Kalau angka pastinya untuk faktor menikah di usia dini kami tidak bisa mengetahui secara pasti. Sebab, sering saat ditanya jawabnya faktor lain, ternyata alasan sebenarnya menikah,” ujar Ali kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, data yang masuk dalam instansinya, sebagian besar siswa lulusan SMP yang tak melanjutkan sekolah lantaran memilih bekerja dan menikah. Untuk yang bekerja, mereka beralasan membantu orang tua maupun mencari uang untuk diri mereka sendiri.

“Kalau alasannya menikah itu sangat disayangkan. Mereka masih usia remaja, dan seharusnya bisa menikmati masa muda dan bersekolah hingga ke jenjang yang tinggi,” katanya.

Ia juga mengemukakan, setiap tahun jumlah siswa lulusan SMP yang tak melanjutkan pendidikan bertambah. Tahun 2014 jumlah siswa lulusan SMP tak melanjutkan sekolah sekira 3.200 lebih. Tahun 2015 meningkat menjadi lebih dari 3.600 anak.

“Tahun ini angkanya berapa belum tahu, karena baru sebagain sekolah yang memasukan data siswa ke dinas,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →