Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Penghinaan pada Cabup dan Cawabup Pati Lewat Medsos Bakal Ditindak Tegas



Reporter:    /  @ 18:15:42  /  15 Oktober 2016

    Print       Email
Ketua Panwaskab Pati Achwan akan menindak tegas pelaku yang melakukan black campaign Pilkada melalui medsos. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ketua Panwaskab Pati Achwan akan menindak tegas pelaku yang melakukan black campaign Pilkada melalui medsos. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pati akan menindak tegas adanya propaganda atau black campaign kepada pasangan cabup dan cawabup lewat medsos. Hal itu ditegaskan Ketua Panwaskab Pati, Achwan saat ditemui MuriaNewsCom, Sabtu (15/10/2016).

Menurutnya, ada sejumlah kriteria perbuatan yang disebut black campaign. Salah satunya, upaya menghasut, menghina, melecehkan dan mengadu domba tanpa didasari bukti atau fakta yang ada.

Sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2016, black campaign apa pun caranya akan menjadi tugas dan wewenang panwas untuk melakukan penindakan. Hal itu juga berlaku untuk upaya black campaigne melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instragam dan beragam aplikasi sosial lainnya.

“Propaganda itu tidak boleh. Yang diperbolehkan itu mengkritisi dengan sehat, disertai dengan fakta atau bukti bila itu tidak mau dianggap sebagai black campaign. Kritik dan penghinaan itu beda. Jangan sampai kalimat-kalimat yang diunggah di medsos justru masuk black campaign sehingga bisa dikenakan sanksi,” kata Achwan.

Karena itu, akun medsos resmi dari timses akan didaftar Komisi Pemilihan Umum (KPU), sehari sebelum masuk masa kampanye. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif bila ada black campaign lewat medsos.

“Kalau ada dugaan black campaign lewat medsos, segera lapor kepada kami. Selain kami mengawasi, kami juga berhadap ada peran aktif dari masyarakat. Jangan sungkan untuk melaporkan kepada kami,” imbau Achwan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →