Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Panwaslu Pati Gelar Bimbingan Teknis Pengawasan Pilkada



Reporter:    /  @ 16:00:48  /  15 Oktober 2016

    Print       Email
Suasana bimbingan teknis pengawasan dan kesekretariatan Panwaskab Pati di Gitrary Hotel, Pati, Sabtu (12/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Suasana bimbingan teknis pengawasan dan kesekretariatan Panwaskab Pati di Gitrary Hotel, Pati, Sabtu (12/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Pati menggelar bimbingan teknis pengawasan pilkada. Bimtek yang diadakan di Gitrary Perdana Hotel, Sabtu (15/10/2016) tersebut, diikuti sekitar 147 panwas kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pati.

“Bimbingan teknis ini digelar untuk membekali para panitia pengawas di 21 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pati. Sebab, kalau ada sengketa-sengketa ringan seperti kesalahpahaman antara peserta dan penyelenggara bisa dilakukan di tingkat bawah,” kata Ketua Panwaskab Pati, Achwan.

Ada empat agenda dalam bimtek tersebut. Pertama, mereka membahas tentang anggaran dan kearsipan dengan mendatangkan dari Arpusda Pati. Kedua, pembahasan tentang potensi pelanggaran pemilu.

Ketiga, teknis penanganan adanya pelanggaran sehingga semua panwas di tingkat kecamatan bisa menangani pelanggaran dengan baik, sesuai dengan aturan perundang-undangan. Terakhir, simulasi penyelesaikan sengketa secara cepat yang bisa dilakukan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dan panwascam.

“Bimbingan teknis diharapkan bisa menyelesaikan beragam sengketa, mulai dari sengketa ringan seperti kesalahpahaman antara peserta dan penyelenggara. Seandainya muncul sengketa di tingkat bawah, tidak harus dibawa ke tingkat kabupaten sehingga tidak menumpuk,” imbuh Achwan.

Sementara itu, simulasi diharapkan memberikan bekal secara praktis agar semua anggota panwas tidak kaget ketika menangani sengketa yang benar-benar terjadi di lapangan pada Pilkada. “Kami berharap Pilkada bisa berjalan lancar. Namun, bekal praktik penanganan sengketa Pilkada sangat perlu bila kemungkinan terjadi polemik dan potensi-potensi pelanggaran,” tandas Achwan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →