Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pemkab Rembang Gelar Lomba Membatik



Reporter:    /  @ 10:26:50  /  15 Oktober 2016

    Print       Email
Peserta lomba sedang menyelesaikan karyanya dalam perlombaan desain batik dan membatik, di Gedung Sanggar Budaya Rembang Sabtu (15/10/2016).  (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Peserta lomba sedang menyelesaikan karyanya dalam perlombaan desain batik dan membatik, di Gedung Sanggar Budaya Rembang Sabtu (15/10/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang lewat Dinas Koperasi dan UMKM menyelenggarakan  lomba desain batik Rembang dan membatik, di Gedung Sanggar Budaya Rembang,Sabtu (15/10/2016). Lomba ini digelar sebagai upaya untuk menggali potensi batik yang ada di Kabupaten Rembang, sehingga bisa dikenal, diingat dan menimbulkan kebanggaan di kalangan warga Rembang.

Lomba ini diikuti oleh pelajar, mulai dari tingkat SD hingga SMA, serta dari kalangan umum. Desain batik harus menggambarkan tema lomba, yaitu desain batik yang mengandung ciri khas Rembang. Begitupun dengan membatik, peserta akan mendapatkan nilai banyak, jika hasil karyanya bagus.

“Perlombaan membatik dan juga mendesain batik ini, sebenarnya salah satu rangkaian dari peringatan Hari Batik Nasional yang sebenarnya jatuh pada 2 Oktober lalu. Di samping itu, dengan adanya kegiatan ini, kita berharap, generasi muda semakin cinta terhadap batik, khususnya Batik Rembang,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Rembang Muntoha.

Secara rinci, dirinya menyebutkan, untuk peserta yang mengikuti lomba kali ini sebanyak 45 orang untuk tingkat SD, 30 orang untuk tingkat SMP, 60 orang untuk tingkat SMA dan peserta dari umum sebanyak 40 orang.

Dirinya berharap, melalui kegiatan seperti ini, juga dapat memupuk kreativitas generasi muda untuk menciptakan kreasi batik khas Rembang, di samping yang selama ini sudah ada. Dengan adanya desain-desain baru yang menarik nanti, diharapkan dapat dikenal masyarakat luas.

“Kemudian, yang tidak kalah penting adalah bagaimana anak-anak muda kita bisa mencintai batik, dan nantinya juga mau terjun untuk mengenalkan batik khas Rembang ini ke masyarakat luas. Tahun sebelumnya juga pernah digelar perlombaan serupa, tapi secara sederhana yang digelar di Kecamatan Lasem,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →