Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
NIKAH MUDA, ANUGERAH ATAU MASALAH?

Kasus KDRT juga Disebabkan Pernikahan Dini



Reporter:    /  @ 18:00:30  /  14 Oktober 2016

    Print       Email

kdrt-3

MuriaNewsCom, Jepara – Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Kabupaten Jepara tergolong masih tinggi. Kekerasan tersebut terjadi akibat beberapa faktor, dan faktor paling dominan adalah faktor ekonomi. Apalagi kasus KDRT di Jepara kerap terjadi pada masyarakat dengan tingkat kemampuan ekonomi yang rendah.

“Paling banyak memang faktor ekonomi. Biasanya, sang suami tidak memiliki uang kemudian menjadi tempramental, sedikit-sedikit marah hingga melakukan tindakan kekerasan,” ujar Kepala Bidang Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Sri Utami kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, pernikahan di usia muda atau dini juga dapat memicu tindak kekerasan. Alasannya, pernikahan yang terlalu dini belum siap baik secara mental, biologis maupun ekonomi. Ketika tidak siap secara ekonomi jelas akan memicu tindak kekerasan.

“Nikah dini juga banyak yang belum siap secara mental. Ketika menghadapi suatu persoalan dalam rumah tangga, kerap muncul tindakan kekerasan. Gampang emosi dan yang lainnya,” katanya.

Ia juga mengatakan, dalam menjalin hubungan rumah tangga tidaklah mudah. Dua belah pihak yakni suami istri harus memiliki kesiapan semua aspek. Ketika ada beberapa aspek yang belum terpenuhi, maka dangat rentan untuk terjadi tindakan kekerasan.

“Kami juga masih terus melakukan sosialisasi terkait dampak dari pernikahan usia dini. Kami ingin agar masyarakat Jepara menikah pada usia yang sudah mencukupi. Sebab risiko baik kesehatan maupun sosial yang akan dihadapi sangat besar ketika menikah di usia dini,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →