Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
NIKAH MUDA, ANUGERAH ATAU MASALAH?

Angka KDRT di Jepara masih Tinggi



Reporter:    /  @ 12:00:02  /  14 Oktober 2016

    Print       Email
Salah satu rumah di Kecamatan Batealit Jepara diberi garis polisi usai terjadi KDRT hingga menewaskan korban beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Salah satu rumah di Kecamatan Batealit Jepara diberi garis polisi usai terjadi KDRT hingga menewaskan korban beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Kabupaten Jepara tergolong masih tinggi. Karena hampir setiap tahun, kasus KDRT di Kabupaten Jepara berada di angka di atas 50 kasus. Itu terjadi baik kepada perempuan maupun kepada anak.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Sri Utami. Menurutnya, tercatat pada 2015 lalu, terjadi sedikitnya 80 kasus, dan tahun ini sampai Agustus kemarin sudah mencapai 60 kasus.

“Itu sudah termasuk kasus KDRT kepada anak. Antara kasus KDRT terhadap anak maupun perempuan hampir imbang,” kata Sri kepada MuriaNewsCom.

Hal itu menjadi suatu permasalahan yang perlu mendapatkan penanganan dan komitmen bersama. Terutama dari pihak keluarga dan lingkungan sekitar. Mengingat peran keluarga merupakan lingkungan hidup primer dan tempat terbentuknya kepribadian kehidupan manusia.

“Keluarga juga perantara sosial pertama dan utama yang mengemban fungsi strategis. Dengan demikian akan terwujud keluarga kecil yang berketahanan dan sejahtera,” ucapnya.

Ia meyakini di luar masih banyak kasus KDRT yang terjadi dan tidak tercatat di instansinya. Pasalnya, masih banyak orang yang enggan untuk melapor terkait perilaku KDRT dengan berbagai alasan. Pihaknya berharap agar kesadaran masyarakat terhadap hukum juga semakin meningkat dengan cara melakukan pelaporan setiap terjadi KDRT.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →