Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Dandim Pertanyakan Limbah Industri di Pati yang Dibuang ke Sungai



Reporter:    /  @ 21:05:56  /  14 Oktober 2016

    Print       Email
Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma (kiri) dalam sebuah rapat bersama BMKG dan Dinas PSDA Jawa Tengah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma (kiri) dalam sebuah rapat bersama BMKG dan Dinas PSDA Jawa Tengah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah mengimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, sekaligus membersihkan sungai. Hal itu untuk mengantisipasi adanya luapan air dari sungai besar yang melintas di wilayah pantura.

Kepala Dinas PSDA Jawa Tengah Prasetyo Budie Yuwono mengatakan, aliran air dari Bendungan Wilalung akan dilalui Kudus, Pati, Grobogan dan Demak. Bila bendungan tersebut tidak muat, maka empat pintu akan dibuka. “Kami berharap agar masyarakat punya kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan,” kata Budie.

Menanggapi masalah tersebut, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma meminta kepada PSDA dan BMKG bisa ikut bersama-sama melihat kondisi di lapangan, terutama di Kabupaten Pati. Dengan begitu, mereka bisa mengimbau kepada industri pabrik besar di Pati untuk tidak membuang limbah ke sungai.

“Kami minta kesediaan PSDA dan BMKG supaya mau lihat kondisi di lapangan. Setelah melihat langsung, kami berharap adanya imbuan agar limbah dari industri pabrik tidak dibuang di sungai. Apakah mereka sudah sesuai dengan prosedur AMDAL, kesehatan atau tidak, terutama pencemaran dan perusakan alam,” tutur Andri.

Terkait dengan standar operasional prosedur (SOP) dan pengendalian pintu bangunan pengendali banjir untuk mengantisipasi banjir antarwilayah, Dandim meminta agar pemerintah ikut terlibat aktif di lapangan supaya tidak terjadi saling lempar tanggung jawab. “Kita perlu mencermati bersama dan langsung turun di lokasi supaya masyarakat bisa melihat kinerja kita,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →