Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Yayasan Jamaah Pasrah Pati Semarakkan Bulan Asyura dengan Berbagi kepada Anak Yatim



Reporter:    /  @ 09:45:34  /  14 Oktober 2016

    Print       Email
Aksi rebana cilik memeriahkan pengajian yang diadakan Yayasan Jamaah Pasrah Pati di Desa Kembang, Dukuhseti, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Aksi rebana cilik memeriahkan pengajian yang diadakan Yayasan Jamaah Pasrah Pati di Desa Kembang, Dukuhseti, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Asyura bagi sebagian penduduk Jawa merupakan bulan sakral, sehingga diperingati dengan beragam ritual kebudayaan. Selain itu, Asyura menjadi momentum bagi umat Muslim untuk berbagi kepada anak yatim.

Hal itu yang dilakukan Yayasan Jamaah Pasrah Kabupaten Pati. Mereka nguri-uri tradisi Islam Jawa yang sudah dilaksanakan secara turun temurun dengan berbagi kepada anak yatim.

Ketua Yayasan Jamaah Pasrah, Ngalimun mengatakan, santunan kepada yatim piatu dan fakir miskin sudah lama menjadi tradisi di yayasan yang ia pimpin pada bulan Asyura. Menurutnya, Asyura menjadi momen paling tepat untuk berbagi kepada sesama.

“Umat Islam dianjurkan untuk menyantuni anak-anak yatim piatu pada hari kesepuluh Asyura. Itu sesuai dengan ajaran Islam, barang siapa mengusapkan tangannya pada kepala anak yaim di hari 10 Muharram, maka Allah akan mengangkat derajatnya dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat,” kata Ngalimun, Jumat (14/10/2016).

Hal itu yang menjadi dasar bagi Yayasan Jamaah Pasrah untuk menjadikan kegiatan santunan yatim piatu dan fakir miskin pada 10 Asyura. Dalam santunan tersebut, pihaknya melibatkan anak-anak yatim yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Pati.

Terkait sumber dana, Ngalimun mengaku mendapatkan dari dana swadaya, para donatur, serta iuran anggota yang terdiri dari berbagai elemen, seperti guru, pengusaha, petani, dan sebagainya. Dia berharap, tradisi tersebut bisa mengajarkan kepada generasi muda untuk gemar berbagi di hari 10 Muharram.

Ketua Panitia Santunan Yayasan Jamaah Pasrah Minanurrahman menambahkan, santunan dengan tema “Indahnya Berbagi Bersama” tersebut dihadiri sekitar 314 anak yatim piatu dan 84 fakir miskin. Mereka diberi santunan, bingkisan, hingga doorprize.

Selain santunan, yayasan juga mengadakan pengajian umum yang digelar di Halaman Sekretariat Yayasan Jamaah Pasrah di Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati. Pengajian dan santuan seolah sudah menjadi tradisi setiap setahun sekali pada tanggal 10 Muharram.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →