Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
NIKAH MUDA, ANUGERAH ATAU MASALAH?

Lebih Baik Cegah Nikah di Bawah Umur



Reporter:    /  @ 22:12:00  /  13 Oktober 2016

    Print       Email
Peringatan Hari Anak Nasional Ke- 32 dan Hari keluarga Nasional ke – 23 Tahun 2016 tingkat Kabupaten di Gedung Wanita Jepara, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Peringatan Hari Anak Nasional Ke- 32 dan Hari keluarga Nasional ke – 23 Tahun 2016 tingkat Kabupaten di Gedung Wanita Jepara, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Kasus pernikahan di bawah umur memiliki sejumlah risiko kesehatan terutama menyangkut keselamatan ibu dan bayi ketika melahirkan. Sehingga lebih baik mencegah risiko tersebut dengan tidak melakukan pernikahan di bawah umur.

Hal itu seperti yang dikatakan Kepala Bidang Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Sri Utami. Menurutnya, risiko itu sangat besar sehingga lebih baik dihindari atau dicegah.

“Bahaya ancaman kematian ibu dan bayi itu sulit dihindari jika memang usia ibu masih terlalu dini untuk melahirkan. Harus dilakukan penanganan yang serius,” ujar Sri kepada MuriaNewsCom, Kamis (13/10/2016).

Ia menjelaskan, ketika usia ibu yang hamil masih terlalu muda atau bahkan masih remaja. Tentu saja rahimnya belum siap untuk melahirkan. Itu yang membuat ancaman risiko kematian terhadap ibu dan bayi. Apalagi di Jepara angka kematian ibu dan bayi cukup tinggi.

“Untuk melakukan pencegahan terjadinya pernikahan di bawah umur atau usia yang terlalu dini, kami melakukan sosialisasi ke sejumlah tempat. Sosialisasi mengenai risiko pernikahan dini dan sejenisnya,” terangnya.

Peran orang tua, dan lingkungan sekitar sangat dibutuhkan untuk mengatasi terjadinya pernikahan di bawah umur. Terutama bagaimana memantau pergaulan anak agar tidak melakukan pergaulan bebas yang dapat mengakibatkan hamil dan terjadi pernikahan di bawah umur.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →