Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

BPBD Grobogan Latihan Bareng Ibu-ibu Cara Memadamkan Api



Reporter:    /  @ 20:30:04  /  13 Oktober 2016

    Print       Email
Petugas dari PMI Grobogan memberikan pemahaman pada peserta pelatihan mengenai tindakan yang harus dilakukan untuk menolong korban kebakaran, Kamis (13/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Petugas dari PMI Grobogan memberikan pemahaman pada peserta pelatihan mengenai tindakan yang harus dilakukan untuk menolong korban kebakaran, Kamis (13/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan membuat sebuah upaya terobosan terkait maraknya kebakaran yang terjadi setiap tahun. Selain menempa kemampuan anggota pemadam kebakaran, pihak BPBD juga menggelar pelatihan memadamkan api terhadap berbagai elemen masyarakat dan para PNS di tiap SKPD.

Sebagian besar mereka yang ikut pelatihan adalah para perempuan. Dilibatkannya unsur masyarakat  itu diharapkan nantinya bisa melakukan upaya pemadaman awal jika terjadi kebakaran di sekitarnya.

“Setiap SKPD memang kita minta mengirimkan satu orang personel untuk ikut latihan dasar pemadaman kebakaran. Kami tekankan agar peserta pelatihan diutamakan kaum perempuan karena mereka ini punya waktu lebih banyak dirumah,” jelas Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran BPBD Grobogan Imam Basuki didampingi Kasi Damkar Sutrisno, disela-sela pelatihan yang dilangsungkan di Ruang Rapat Setda lantai I, Kamis (13/10/2016).

Menurut Imam, materi yang diajarkan merupakan teori dasar tentang pemadaman dan pencegahan perambatan api. Dengan bekal ini diharapkan peserta bisa melakukan upaya pertama ketika ada kebakaran di sekitarnya. Selain itu, peserta juga dilatih cara pemakaian alat pemadam api ringan (APAR) serta cara memadamkan api dengan benar dan sesuai dengan prosedur.

Selain para PNS dan ibu rumah tangga, kegiatan yang rencananya digelar dua hari itu juga diikuti belasan anggota damkar baru. Di samping dari BPBD Grobogan, pelatihan dasar pemadaman kebakaran itu juga melibatkan petugas dari PMI Grobogan dan Dinas Pemadam Kebakaran Jateng.

Dalam kegiatan itu para peserta juga dilatih cara mengevakuasi korban. “Saya berharap para peserta nanti bisa menularkan ilmu yang didapat pada lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, upaya pencegahan dan pemadaman awal kebakaran ini bisa diketahui banyak pihak,” katanya.

Ditambahkan, pelatihan tersebut diikuti oleh 70 peserta. Setelah dapat teori, peserta akan mendapat latihan praktek pemadaman kebakaran hari Jumat besok.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →