Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Bupati dan Wakil Bupati Jepara Ajukan Cuti Kerja



Reporter:    /  @ 11:20:07  /  13 Oktober 2016

    Print       Email
Momen Ahmad Marzuqi bersama Subroto saat merayakan Ultah Subroto beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Momen Ahmad Marzuqi bersama Subroto saat merayakan Ultah Subroto beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan Wabup Jepara Subroto secara resmi mengajukan surat cuti. Itu dilakukan lantaran keduanya maju dalam Pilkada Jepara 2017 sehingga diwajibkan untuk cuti. Pengajuan cuti tersebut melalui Bagian Tata Pemerintahan pada Setda Jepara.

Pasangan kepala daerah tersebut menjadi bakal calon pada Pilkada periode selanjutnya. Dalam aturanya, pengajuan cuti sudah harus dilakukan paling lambat sepekan sebelum penetapan calon yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara.

 Hal itu seperti yang dikatakan Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan Umum pada Setda Jepara, Tri Jatmiko. Menurutnya, Ahmad Marzuqi dan Subroto sudah mengajukan cuti dari posisi mereka yakni Bupati dan Wabup Jepara.

 “Surat telah diajukan ke Gubernur Jawa Tengah pada Selasa (11/10/2016) lalu. Sekarang mungkin sudah diproses. Dalam waktu seminggu keputusan mungkin sudah turun,” ujar Tri kepada MuriaNewsCom, Kamis (13/10/2016).

 Lebih lanjut ia mengatakan, pengajuan cuti tersebut sesuai amanat Permendagri nomor 74 bahwa seminggu sebelum penetapan calon, balon petahana harus mengajukan cuti. Masa cuti mulai berlaku setelah ditetapkan KPU. Paling tidak tiga hari setelah penetapan.

 ”Penetapan calon sendiri oleh KPU pada tanggal 24 Oktober. Sehingga tanggal 28 calon petahana sudah harus melepas seluruh atribut negara yang dipakai selama menjabat,” katanya.

 Terkait pejabat pengganti bupatiia menambahkan, akan dipegang Pelaksana Tugas (PLT). Berdasarkan aturannnya, PLT bisa berasal dari pimpinan tinggi pratama pemerintah provinsi provinsi atau dari kementrian dalam negeri.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →