Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
NIKAH MUDA, ANUGERAH ATAU MASALAH?

Biaya Nikah di Luar KUA Rp 600 Ribu Masuk Kas Negara



Reporter:    /  @ 20:59:48  /  12 Oktober 2016

    Print       Email
Warga menunjuk pengumuman terkait biaya nikah di kaca jendela KUA Kecamatan Nalumsari Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Warga menunjuk pengumuman terkait biaya nikah di kaca jendela KUA Kecamatan Nalumsari Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah memfasilitasi warga yang ingin menikah secara gratis di Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing. Namun banyak warga yang enggan menikah di KUA dan memilih di rumah masing-masing atau di masjid atau di gedung lainnya. Padahal ketika nikah di luar KUA dikenakan biaya sebesar Rp 600 ribu.

Kepala KUA Kecamatan Nalumsari, Dhou’ul Khamid mengemukakan, biaya sebesar Rp 600 ribu tersebut sesuai dengan aturan yang ada, yakni PP nomor 48 tahun 2014. Uang tersebut dipastikan masuk ke kas negara sebagai pendapatan negara bukan pajak.

“Pembayaran langsung dikirim melalui nomor rekening Kementerian Agama pusat. Sehingga uang itu langsung masuk ke kas negara, bukan ke KUA maupun ke penghulu,” ujar Khamid kepada MuriaNewsCom, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya, penghulu mendapatkan honor tersendiri dari pemerintah ketika menikahkan pasangan di luar kantor KUA. Honornya diterima setiap tiga bulan sekali ke nomor rekening masing-masing yang ditransfer langsung dari pusat.

“Kalau di sini, honornya sekali menikahkan pasangan di luar KUA sekitar Rp 150 ribu. Itu biasanya cair sekitar tiga sampai empat bulan sekali,” terangnya.

Ia juga mengatakan, setiap akhir bulan, penghulu melalui KUA juga melakukan pelaporan ke Kementerian Agama mengani berapa jumlah permohonan nikah, kemudian berapa yang dilayani dan lainnya. Semuanya terekap sehingga pemberian honor juga mengacu pada pelaporan tersebut.

“Biaya semuanya itu ya Rp 600 ribu. Di luar itu, kami tidak tahu menahu karena diluar dari kami. Misalnya ada tarikan lain di luar KUA, itu juga tidak urusan kami,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →