Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
NIKAH MUDA, ANUGERAH ATAU MASALAH?

Calon Pengantin Perempuan Tutupi Kehamilannya dengan Jaket



Reporter:    /  @ 20:00:49  /  12 Oktober 2016

    Print       Email
Ketua Pengadilan Agama Jepara, Abdul Malik. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Ketua Pengadilan Agama Jepara, Abdul Malik. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Perkara dispensasi nikah atau kawin menjadi perkara terbanyak kedua setelah perkara perceraian di Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Jepara. Dalam tiga tahun terakhir ini, perkara yang satu ini terus meningkat. Di balik penanganan perkara tersebut juga ada kisah-kisah menarik yang terjadi.

Kisah menarik juga pernah dialami oleh hakim sekaligus Ketua PA Jepara, Abdul Malik. Pengalaman yang ia ingat saat menangani perkara dispensasi nikah tersebut adalah pada awal-awal dilakukan persidangan. Menurutnya, kerap si calon isteri mengenakan jaket saat dilakukan proses persidangan.

“Sering sekali wanitanya mengenakan jaket yang longgar. Saat ditanya apakah sudah hamil, mulanya beralasan belum. Tetapi saat diminta untuk membuka jaket yang dikenakan, perutnya sudah besar,” kara Malik kepada MuriaNewsCom.

Biasanya pada awal persidangan, ketika ditanya kenapa meminta dispensasi nikah tidak mengaku jika sudah dalam kondisi hamil. Bahkan, meminta untuk membuka jaket yang dikenakan juga tidak mudah. Butuh sedikit dipaksa agar si perempuan tersebut bersedia membuka jaket yang sekadar mengetahui kondisi perut sudah membesar atau belum.

“Ketika saya tanya lebih jauh, kenapa bisa terjadi hamil sebelum nikah. Rata-rata alasannya adalah salah pergaulan. Selain itu faktor adanya gadget juga sangat besar menghantarkan pada pergaulan bebas,” terangnya.

Ia menambahkan, dengan gadget tersebut, dengan mudah para remaja mengakses informasi dan berkenalan dengan laki-laki yang tidak tahu asal muasalnya. Kemudian dari situ, terjadilah pergaulan bebas dan mengarah pada hubungan terlarang.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →