MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping
Banner Kuping Kanan

Perhatikan Ini! Pelaku Propaganda Pilkada Pati Lewat Medsos Bakal Ditindak Tegas

27
Ketua Panwaskab Pati Ahcwan (kiri). Dia memperingatkan pengguna media sosial untuk tidak melakukan kampanye hitam. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Ketua Panwaskab Pati Ahcwan (kiri). Dia memperingatkan pengguna media sosial untuk tidak melakukan kampanye hitam. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pati memperingatkan kepada pegiat media sosial untuk berhati-hati dalam menggunakan akunnya terkait dengan Pilkada Pati 2017. Sebab, unggahan di medsos yang mengindikasikan adanya propaganda bakal ditindak tegas.

“Kalau ada propaganda atau kampanye hitam melalui media sosial, kami akan tindak tegas. Perkembangan teknologi membuat Panwas tidak hanya menindak di wilayah nyata, tetapi juga dunia maya, terutama media sosial,” ujar Ketua Panwaslu Pati Achwan, Rabu (12/10/2016).

Karena itu, pihaknya akan meminta data kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal akun facebook mana yang menjadi tim sukses pasangan Haryanto-Saiful Arifin. Bila ditemukan akun di luar tim sukses yang melakukan propaganda, pihaknya akan berkoordinasi dengan polisi dan jaksa.

Bahkan, Panwaskab Pati bersama dengan kepolisian dan kejaksaan membentuk tim pemantau yang disebut dengan Sentra Gabung Dua. Tim tersebut yang akan mendapatkan tugas untuk menangani kemungkinan adanya kejahatan siber yang dilakukan warga terkait dengan propaganda Pilkada Pati.

Tak hanya pengguna medsos, pihaknya juga akan menangani media yang mengumbar kampanye hitam. Pusat penanganan kejahatan siber itu sudah dibentuk dan mulai bekerja saat penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pati pada 24 Oktober 2016.

“Kami perlu mengambil sikap dan langkah tegas, mengingat banyaknya pengguna medsos yang mengunggah hal berbau kampanye dalam beberapa waktu terakhir. Dalam regulasinya, propaganda dan kampanye hitam merupakan tindakan yang melanggar hukum,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.