Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

MUI Salurkan Pinjaman Lunak untuk Tiga Kecamatan di Pati



Reporter:    /  @ 22:30:50  /  11 Oktober 2016

    Print       Email
Ketua MUI Pati KH Abdul Mudjib Sholeh (tengah) dalam acara penyerahan bantuan pinjaman lunak bergulir di Kantor MUI Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ketua MUI Pati KH Abdul Mudjib Sholeh (tengah) dalam acara penyerahan bantuan pinjaman lunak bergulir di Kantor MUI Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pati menyalurkan pinjaman lunak kepada tiga kecamatan di Kabupaten Pati. Pinjaman lunak yang diberikan secara bergulir tersebut tanpa dikenakan biaya administrasi maupun jasa.

Praktis, penerima pinjaman lunak tanpa dikenakan suku bunga atau bagi hasil sepeser pun. Pinjaman tersebut diharapkan bisa membantu umat untuk mengembangkan usaha, sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi warga.

“Penyaluran bantuan berupa pinjaman lunak yang merupakan bentuk dakwah bil hal ini diberikan setiap tahunnya. Penerima pinjaman harus mengembalikan dana tersebut sesuai jumlah yang dipinjam, tidak ada suku bunga sepeserpun. Hal ini menjadi langkah MUI untuk meningkatkan kesejahteraan umat,” kata Ketua MUI Pati KH Abdul Mudjib Sholeh, Selasa (11/10/2016).

Setiap tahun, MUI menyerahkan pinjaman lunak secara bergulir di tiga kecamatan. Tahun ini, pinjaman tersebut diserahkan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pati, Gunungwungkal, dan Batangan. Masing-masing kecamatan mendapatkan alokasi pinjaman sebesar Rp 20 juta.

“Kalau uang itu dimanfaatkan untuk usaha tanpa dikenakan biaya administrasi maupun jasa, tentu akan memberikan manfaat yang besar bagi umat. Uang itu akan berkembang dan bisa mengentaskan kemiskinan. Kami berharap, pinjaman tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik,” ucap Mudjib.

Adapun dana diambil dari pelimpahan Badan Kesejahteraan Umat Islam (Bakaumi) dengan dana tambahan lain. Dengan pengelolaan yang baik, dana tersebut berkembang mencapai Rp 1 miliar pada Desember 2015. Bakaumi sendiri dibubarkan pada 2003 yang selanjutkan menunjuk MUI sebagai pengelola aset, inventaris, dan keuangan eks Bakaumi Pati.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →