Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
INFO DPRD KUDUS

Lindungi Warisan Asli Indonesia, DPRD Kudus Bakal Usulkan Perda Kretek



Reporter:    /  @ 18:59:58  /  11 Oktober 2016

    Print       Email
Pekerja sektor industri hasil tembakau kretek di Kabupaten Kudus mencapai puluhan ribu. Karena itu, kretek sebagai warisan dan budaya asli Kudus, harus dipertahankan. (MuriaNewsCom)

Pekerja sektor industri hasil tembakau kretek di Kabupaten Kudus mencapai puluhan ribu. Karena itu, kretek sebagai warisan dan budaya asli Kudus, harus dipertahankan. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Industri hasil tembakau (IHT) adalah nafas dari masyarakat Kabupaten Kudus. Usaha ini menjadi penopang utama bagi sebagian besar masyarakat di wilayah ini.

Utamanya adalah produksi rokok kretek. Masih banyak usaha-usaha rokok kretek, termasuk dalam skala kecil, yang menjadi tumpuan hidup masyarakat. Karena itu, perlidungan terhadap kretek sendiri, juga harus dilakukan.

Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan jika kretek itu sudah menjadi budaya dan warisan tersendiri dari Kabupaten Kudus. ”Dan usaha-usaha yang merupakan usaha kretek, sudah sepatutnya kita lindungi,” tegasnya.

Masan mengatakan, upaya perlindungan terhadap usaha atau industri kretek ini, supaya warisan itu tidak hilang ditelan zaman. Atau tergeser dengan kehadiran rokok-rokok jenis yang baru.

Kretek, menurut Masan, adalah produk asli Indonesia. Apalagi, kretek lahir dari seorang Djamhari yang asli Kudus. Sehingga Kabupaten Kudus dikenal sebagai kota kretek.

”Sehingga, memang sudah sewajarnya kalau kemudian kita sebagai warga Kudus, dan anggota dewan, menjaga dan melindungi kretek sebagai ikon Kudus itu sendiri. Dan itu sangat penting dilakukan,” tegasnya.

Caranya, sebagaimana disampaikan Masan, adalah dengan mengusulkan peraturan daerah (perda) terkait dengan kretek itu sendiri. Dia berharap jika usulan perda itu datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus atau eksekutif.

”Namun yang jelas, harus diusulkan soal perda itu. Supaya bisa mengayomi dan melindungi usaha kretek di Kudus ini. Sehingga puluhan ribu warga Kudus yang menggantungkan nasib sebagai pekerja di sektor kretek, bisa terlindungi,” paparnya.

Sudah menjadi tugas pemerintah, untuk bisa menjaga dan melindungi identitas Kudus tersebut. Karena jika sampai hilang, maka dampaknya akan sangat panjang sekali. Yang jelas, akan merugikan warga Kudus itu sendiri. ”Dan jangan sampai itu terjadi,” tegasnya.

Masan menambahkan bahwa sampai kapanpun Kretek adalah Kudus. Sehingga sampai anak cucu mendatang, akan tetap bisa menikmatinya. ”Selain budaya dan warisan itu bisa lestari, warga Kudus juga akan tetap sejahtera nantinya dari sektor ini. Karena memang itu yang kita harapkan,” imbuhnya. (NEWSADS)

Editor: Merie

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →