Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Rumah Warga di Sitiluhur Pati Tertimpa Longsor



Reporter:    /  @ 16:08:59  /  11 Oktober 2016

    Print       Email
Sejumlah relawan tampak mengevakuasi tanah longsor di belakang rumah Sukiman, warga Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Pati, Selasa (11/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah relawan tampak mengevakuasi tanah longsor di belakang rumah Sukiman, warga Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Pati, Selasa (11/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Tanah longsor terjadi di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Pati, Selasa (11/10/2016). Akibat longsor tersebut, rumah pada bagian dapur milik warga setempat tertimpa reruntuhan tanah.

Anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Dion mengatakan, longsor tersebut menimpa pada bagian dapur yang menimbulkan kerusakan seluas 2×2 meter. Sementara itu, tebing bertanah padas yang longsor setinggi 12 meter dengan lebar tujuh meter.

Menurutnya, longsor disebabkan adanya guyuran hujan dengan intensitas yang sangat tinggi pada Selasa (11/10/2016) dini hari. Beruntung, tanah padas yang ambrol tersebut tidak menimpa seluruh rumah sehingga penghuni selamat.

“Ketebalan longsor sekitar satu meter. Rumah dihuni tiga orang, semuanya selamat. Saat terjadi longsor, penghuni rumah tidak berada di dapur. Setelah mendapatkan informasi, kami bersama relawan lainnya langsung melakukan evakuasi,” ucap Dion.

Dia memperkirakan akan ada longsor susulan di tempat yang sama, mengingat masih terdapat sejumlah retakan pada bagian tebing dan beberapa tempat. Karena itu, dia mengimbau kepada pemilik rumah untuk selalu waspada, terutama ketika curah hujan terus mengguyur.

Sukiman (54), pemilik rumah terkejut dengan adanya longsor yang menimpa bagian dapurnya. Dia akan waspada dengan adanya kemungkinan longsor susulan, sesuai dengan imbauan Tim Reaksi Cepat BPDB Pati. “Saya ucapkan terima kasih kepada para relawan yang sudah membantu mengevakuasi,” tuturnya singkat.

Rencananya, para relawan akan kerja bakti membersihkan tempat yang tertimpa longsor pada Rabu (12/10/2016), besok pagi. Pasalnya, tanah yang longsor di bagian dapur rumah Sukiman mengendap sekitar satu meter sehingga perlu bersihkan dengan tuntas.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →