Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Banjir di Kecamatan Gubug Mulai Surut, Begini Penampakan Lokasi Bencana



Reporter:    /  @ 15:03:33  /  11 Oktober 2016

    Print       Email
Banjir yang terjadi di salah satu kawasan Kecamatan Gubug menyisakan lumpur di area pemukiman warga dan juga di dalam rumah, Selasa (11/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Banjir yang terjadi di salah satu kawasan Kecamatan Gubug menyisakan lumpur di area pemukiman warga dan juga di dalam rumah, Selasa (11/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Setelah hampir dua hari menggenangi sebagian wilayah di Kabupaten Grobogan, banjir di Kecamatan Godong dan Gubug mulai menyusut. Genangan air di rumah-rumah penduduk mulai menghilang.

Saat ini, sebagian warga mulai membereskan kondisi rumahnya yang rusak akibat terjangan banjir. Puluhan petugas dari TNI, Polri, BPBD, pramuka dan instansi lainnya serta relawan ikut membantu warga yang rumahnya rusak.

Kondisi perkampungan yang sebelumnya dilanda banjir terlihat mengenaskan setelah air menghilang. Seperti yang terlihat di Desa Kemiri. Genangan lumpur terlihat memenuhi jalan dan di dalam rumah penduduk.

Beberapa rumah penduduk, khususnya yang ada di pinggiran Sungai Tuntang banyak yang rusak. Ada yang didindingnya jebol dan hilang terbawa arus air ketika banjir menerjang perkampungan.

“Sebagian besar desa di Kecamatan Gubug dan Godong yang sempat terkena banjir sudah berkurang airnya. Jumlah rumah yang masih kemasukan air sudah jauh berkurang,” kata Kasi Kedaruratan BPBD Grobogan Masrikan.

Surutnya air membuat tanggul jebol yang jadi biang banjir di Desa Kemiri sudah terlihat jelas. Namun, hingga siang ini, belum ada tanda-tanda perbaikan. “Upaya penutupan tanggul sedang kita siapkan meski sifatnya darurat. Hal ini guna mencegah terjadinya banjir lagi ketika air sungai kembali meluap. Kita akan prioritaskan penanganan tanggul jebol ini,” imbuh Masrikan.

Sementara itu, meski bencana banjir mulai surut, namun aparat kepolisian dan TNI masih banyak yang disiagakan di lokasi bencana. Selain membantu warga di lokasi, aparat keamanan juga ikut bertugas menyiapkan makanan di dapur umum yang disiapkan di beberapa titik.

“Anggota masih banyak yang kita terjunkan ke lokasi untuk memantau situasi keamanan. Selain itu, anggota juga siap mendukung tugas BPBD yang jadi leading sektor penanganan bencana,” kata Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →